Sukses

Pupuk Kaltim Kini Punya Pusat Pengelolaan Arsip Perusahaan

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) meresmikan Gedung Pusat Arsip Teknik

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) meresmikan Gedung Pusat Arsip Teknik, guna mengoptimalkan tata kelola kearsipan dan dokumentasi Perusahaan secara efektif sesuai aturan yang berlaku.

Peresmian dilakukan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto, didampingi Direktur Operasi dan Produksi PKTHanggara Patrianta, pada Rabu (29/12/2021).

Diungkapkan Hanggara, pendirian Gedung Pusat Arsip Teknik sebagai wujud dukungan PKT terhadap penerapan pengelolaan kearsipan Perusahaan, yang diatur melalui UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Pendirian gedung disesuaikan dengan pedoman ANRI dalam Peraturan Kepala ANRI Nomor 3 Tahun 2000 tentang Standar Pembangunan Gedung Pusat Arsip, untuk menunjang manajemen Pusat Arsip sebagai sarana pengelolaan dokumen Perusahaan secara tersentralisasi.

“Untuk menunjang pengelolaan kearsipan yang baik sesuai aturan yang berlaku, PKT saat ini juga telah memiliki SDM pengelola kearsipan yang tersertifikasi,” kata Hanggara.

Dijelaskannya, saat ini PKT memiliki 2 gedung Pusat Arsip, yakni Pusat Arsip Non Teknik dan Pusat Arsip Teknik. Pusat Arsip PKT dikategorikan sebagai off site records, atau Pusat Arsip yang dibangun di luar dari gedung perkantoran.

Hal ini juga sebagai bentuk keaktifan PKT terhadap pengembangan pengelolaan kearsipan Perusahaan menuju tata kelola dokumen kelas dunia, dengan terus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Keberadaan gedung dan pengembangan tata kelola kearsipan PKT tak hanya ditujukan untuk kepentingan Perusahaan, tapi juga memberi manfaat bagi bangsa dan negara dengan beragam jenis arsip yang terdokumentasi secara berkala.

“PKT berkomitmen menciptakan pengelolaan dokumen kelas dunia, yang tak hanya bermanfaat untuk Perusahaan saja, tapi juga sebagai wujud persembahan bernilai untuk masyarakat dan bangsa,” tambah Hanggara.

Kepala ANRI Imam Gunarto, mengapresiasi keberadaaan gedung Pusat Arsip Teknik PKT yang dinilai sebagai bentuk kesadaran Perusahaan dalam mendokumentasikan karya dan perjalanan bisnis sejak awal hingga saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komponen Penting

Dikatakannya, gedung Pusat Arsip merupakan komponen penting dalam tata kelola Perusahaan, karena berbicara Big Data yang bersifat analog dan harus terdokumentasi secara baik dan benar.

“Sebab arsip merupakan dokumen pertama yang diciptakan dan sepatutnya terdokumentasi secara fisik untuk mempertahankan keasliannya,” kata Imam.

Dirinya menyambut optimis langkah PKT mengembangkan tata kelola kearsipan yang tak hanya menjadi bagian dari kinerja Perusahaan saja, tapi juga mendukung pembangunan nasional melalui transformasi kearsipan sebagai memori kolektif bangsa.

Menurut dia, ada 3 faktor penting yang wajib diperhatikan SDM pengelola kearsipan, yakni past, present and future, agar tata kelola arsip dapat terdokumentasi dan tersusun berdasarkan jangka waktu, penyimpanan serta jenisnya.

Selain itu arsiparis juga diharap mampu membaca visi misi perusahaan dan pimpinan, agar arsip yang berjalan dapat terdokumentasi sesuai dengan kinerja dalam jangka waktu tertentu.

“Kami optimis hal ini bisa diimplementasikan secara maksimal oleh PKT, melihat konteks transformasi kearsipan ke sistem digital yang dilaksanakan Perusahaan sudah bagus, termasuk tertib arsip yang juga berjalan dengan baik,” pungkas Imam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pupuk Kaltim adalah salah satu produsen pupuk urea di Indonesia.

    Pupuk Kaltim

  • Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam/tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman.

    Pupuk

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN