Sukses

Ribuan Orang Teken Petisi Minta Fabelio Bayar Gaji Karyawan

Liputan6.com, Jakarta Masalah gaji menjadi isu yang terus dibahas dalam beberapa hari kebelakang. Kali ini bukan soal kenaikan upah minimum, tapi sejumlah gaji yang belum dibayarkan dari perusahaan kepada karyawannya.

Sebuah petisi muncul di laman change.org yang menuat nama E-commerce di bidang furnitur, Fabelio. Petisi itu, diketahui dibuat oleh karyawan Fabelio yang mengaku belum mendapatkan gaji sejak September 2021.

“Sudah dari bulan September, Fabelio (Salah satu marketplace untuk furniture) belum juga membayarkan gaji untuk pegawai dan vendor-vendornya,” tulis keterangan petisi itu, dikutip Selasa (14/12/2021).

“Saya sudah lama bekerja di Fabelio di level 5. Dan terakhir saya mendapatkan gaji, pada bulan September lalu. Itupun cuma 75 persen aja,” tambah keterangan itu.

Akun atas nama Karyawan Fabelio yang memulai petisi itu juga menerangkan besaran gaji karyawan. Misalnya, gaji untuk karyawan di level 5 itu antara Rp 2,5 juta sampai 7 juta per bulannya. Kemudian, status karyawannya pun beragam. Ada yang sudah menikah dan harus membiayai hidup keluarga, maupun yang masih single tapi tetap harus menyokong perekonomian orangtua.

“Sampai saat ini, juga belum ada klarifikasi kepada kami, kenapa gaji kami belum dibayarkan. Pihak perusahaan juga tidak pernah mengumumkan, perusahaan ini apakah akan bangkrut atau terus berjalan. Termasuk pengumuman kapan gaji dibayarkan,” tulisnya.

“Kami sebagai karyawan ingin menuntut hak kami! Kami ragu bisa melakukan audiensi dengan Fabelio secara langsung, mengingat level karyawan saya ada di level 5,” imbuhnya.

Atas dasar itu, pemilik akun membuat petisi ini untuk mendorong Fabelio memenuhi kewajibannya keada karyawan.

“Teman-teman bantu saya dan kawan-kawan di Fabelio untuk mendapatkan hak kami ya. Kami butuh banget dukungan kalian,” tutup keterangan petisi itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ditandatangani Lebih dari 3 Ribu Orang

Hingga berita ini ditulis, tercatat 3.210 orang telah menandatangani petisi yang menuntut gaji ini. menurut pantauan selama beberapa menit, setiap menitnya sekitar 100 orang menandatangani petisi ini.

Dalam keterangannya, petisi ini telah dibuat sekitar tiga minggu kebelakang, dengan capaian 3000 tanda tangan sejak 19 jam yang lalu dari berita ini dibuat.

Beragam tanggapan muncul dari orang-orang yang menandatangani petisi ini.

“Bayar gaji karyawan,” tulis salah satu warganet.

“semangat karyawan fabelio, pasti berat banget milih keputusan resign tanpa gaji/bertahan tapi tanpa kejelasan,” tulis warganet lainnya.