Sukses

Puluhan Peserta Ikuti Diklat UMKM di UNESCO Global Geopark Gunung Batur

Kementerian ESDM bersama dengan Bidang Wirausaha Baru DEKRANAS, mengadakan webinar dan pelatihan di UNESCO Global Geopark Gunung Batur.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui PPSDM Geominerba bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menyelenggarakan Diklat untuk UMKM di lokasi ketiga, UGGp Gunung Batur, Bali.

Setelah sukses menggelar Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan UNESCO Global Geopark (UGGp) Ciletuh dan di Gunung Sewu.

Kali ini, sebanyak 80 orang peserta yang terdiri dari Pengelola Geopark, para Penggiat Geopark, serta Pelaku UMKM di Kawasan Geopark ini akan mengikuti pelatihan yang dilakukan secara daring dan luring. Pelatihan berlangsung selama 6 hari pada 6-11 Desember 2021.

"Melalui diklat ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang meliputi pengolahan produk kerajinan bambu," ujar Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro.

Kementerian ESDM bersama dengan Bidang Wirausaha Baru DEKRANAS, mengadakan webinar dan pelatihan di UNESCO Global Geopark Gunung Batur.

Tema dipilih yakni “Strategi Promosi dan Pemasaran Geoproduk di Kawasan UGGp Gunung Batur”. Acara diselenggarakan di Museum Gunungapi dan Pusat Pelatihan Geominerba, Bangli, Provinsi Bali.

Kegiatan webinar dan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dan wawasan para pelaku UMKM di kawasan geopark.

Dia menuturkan, keterampilan dimaksud seperti kategori kemasan, kategori home décor dan kategori koiling.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembekalan Materi

Tak hanya membuat kerajinan, para peserta juga akan dibekali materi pengenalan wawasan geopark yang merupakan kawasannya.

Kemudian para peserta dibekali dengan teknik fotografi, sehingga menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik membelinya.

"Karena foto produk merupakan salah satu aspek penting saat berjualan baik secara langsung maupun online, meskipun dengan perangkat yang minim," lanjut dia.

Serta bagaimana melakukan pemasaran secara online melalui materi digital marketing. Para peserta juga akan diberikan materi Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang akan disampaikan oleh Bank Rakyat Indonesia.

Penyelenggaraan Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunungapi Batur ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan UMKM di kawasan Geopark melalui eksplorasi geoproduk produk UMKM di kawasan Geopark, peningkatan kualitas geoproduk.

Serta pemilihan strategi pemasaran produk yang sesuai dan adaptif serta menjangkau lebih luas lagi tak hanya dalam negeri tapi sampai ke luar negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini