Sukses

Konektivitas Indonesia Bergantung Penerbangan, Menhub Minta INACA Dukung Daerah 3TP

Diharapkan dalam waktu dekat ini INACA turut serta mendukung percepatan ekonomi nasional sama dengan Kadin Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sebagai negara kepulauan cukup bergantung pada penerbangan untuk membangun konektivitas antar daerah. Dengan demikian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta dukungan sejumlah pihak untuk memberikan konektivitas transportasi di daerah Terdepan, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP).

Salah satu yang diminta adalah Indonesia National Air Carriers Association (INACA) untuk mendukung adanya konektivitas di daerah 3TP tersebut.

“Sektor transportasi udara ini memiliki peranan penting dalam menyentuh daerah 3TP, terdepan terpencil terluar dan perbatasan. Guna menjaga kesenjangan harga di masyarakat,” katanya dalam pembukaan Rapat Umum Anggota INACA, Kamis (18/11/2021).

“Untuk itu saya harap peran dan dukungan INACA untuk support transportasi di 3TP. Misalnya ada di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan ini harus dilakukan secara seksama,” tambahnya.

“Untuk itu saya harap peran dan dukungan INACA untuk support transportasi di 3TP. Misalnya ada di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan ini harus dilakukan secara seksama,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan dalam RUA INACA kali ini, asosiasi perlu mampu mendukung visi misi Presiden Joko Widodo yang menginginkan terjadi konektivitas antar daerah di Indonesia. Dengan harapan mampu semakin andal, berdaya saing dengan tetap memprioritaskan keamanan penerbangan.

“Presiden ingin konektivitas penerbangan itu terjaga, yakni bisa semakin andal, berdaya saing dengan tetap memprioritaskan keamanan penerbangan, menjalin penerbangan yang sehat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tutur Menhub Budi.

Jika hal itu bisa dicapai, kata dia, otomatis visi-misi Presiden Jokowi pun bisa terlaksana. “Kalau itu tercapai, visi misi presiden untuk mengkonektivitaskan timur, barat, utara, selatan itu akan tercapai. Saya harap INACA bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk menjamin keselamatan penerbangan nasional,” katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Potensi

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan dengan INACA yang turut serta dalam meningkatkan konektivitas di daerah di Indonesia mampu memberikan dampak positif.

Termasuk pada peningkatan potensi daerah sehingga mampu berdampak pada perkembangan ekonomi nasional.

“Diharapkan dalam waktu dekat ini INACA turut serta mendukung percepatan ekonomi nasional sama dengan Kadin Indonesia, yang melakukan inisiatif untuk meningkatkan konektivitas antar daerah sampai ke pelosok melalui program jaringan ppenerbangan pelosok Indonesia,” katanya.

“Sehingga mampu membantu percepatan perkembangan potensi daerah tersebut serta menjadikan keseimbangan suplai kapasitas dan demand penerbangan sesuai keperluan jumlah penumpang sesuai dengan tantangan saat ini,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.