Sukses

Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22? Simak Cara Beli Pelatihan Pertama

Setelah peserta dinyatakan lolos seleksi dalam program Kartu Prakerja gelombang ke-22, segera beli pelatihan pertama melalui tujuh platform digital yang menjadi mitra pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Setelah peserta dinyatakan lolos seleksi dalam program Kartu Prakerja gelombang ke-22, segera beli pelatihan pertama melalui tujuh platform digital yang menjadi mitra resmi pemerintah.  

Peserta Prakerja hanya memiliki waktu selama 30 hari untuk membeli pelatihan sejak menerima pengumuman di dashboard masing-masing.  

Ketujuh platform digital yang dimaksud, antara lain Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Ada berbagai jenis pelatihan yang bisa peserta pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan, seperti cara berjualan secara online, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, fotografi, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan sebagainya.

Melansir dari laman prakerja.go.id, Selasa (2/11/2021), peserta akan mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Saldo tersebut digunakan untuk membayar pelatihan yang dipilih.  

Selanjutnya, peserta juga bisa membeli pelatihan kedua dengan syarat telah menyelesaikan pelatihan pertama. Namun, pastikan sisa saldo masih mencukupi.  

Gunakan saldo pelatihan dengan bijak karena bantuan Kartu Prakerja hanya diberikan sekali seumur hidup. Lalu, sisa saldo pun tidak dapat diuangkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Beli Pelatihan

Berikut adalah cara untuk membeli pelatihan setelah dinyatakan lolos seleksi program Kartu Prakerja gelombang ke-22.

1. Periksa dashboard untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Pastikan kembali apakah saldo pelatihan sudah tersedia atau belum.

2. Bandingkan pelatihan di ketujuh platform digital.

3. Setelah itu, pilih pelatihan sesuai kebutuhan.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

Apabila terjadi kendala saat membeli pelatihan, peserta bisa menghubungi contact service platform digital yang dituju.

1. Bukalapak: 150133

2. MauBelajarApa: 08118807172

3. Pijarmahir: 082111113630

4. Pintaria: www.pintaria.com

5. Karier.mu by Sekolah.mu: 081315792171

6. Tokopedia: www.tokopedia.com/help

7. Kemnaker (SISNAKER): 1500630

8. Kartu Prakerja: 08001503001

3 dari 3 halaman

Penyebab Tidak Bisa Akses Pelatihan

Terkadang, peserta juga bisa mengalami kendala untuk mengakses pelatihan yang dibeli. Adapun beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Tidak Mengingat Kode Voucher: Peserta bisa memeriksa e-mail yang didaftarkan saat membeli pelatihan. Konfirmasi langsung ke platform digital yang menjadi tempat peserta membeli pelatihan.

2. Tidak Mengingat Akun atau Password di Platform Digital dan Lembaga Pelatihan: Peserta bisa mereset password di laman platform digital dan lembaga pelatihan yang digunakan.

3. Belum Menyelesaikan Pelatihan Sebelumnya: Peserta harus menyelesaikan pelatihan sebelumnya terlebih dahulu agar bisa melakukan akses ke pelatihan berikutnya.

Sebagai tambahan informasi, pengembalian saldo pelatihan yang tidak bisa diakses ditentukan berdasarkan kebijakan tiap-tiap platform digital. Peserta bisa menghubungi customer service untuk menyelesaikan kendala tersebut.

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.