Sukses

Cara Periksa Status Penerimaan Kartu Prakerja Gelombang 22

Peserta diharapkan terus memantau informasi terkait status penerimaan Kartu Prakerja. Pelatihan pertama harus segera dibeli dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi.

Liputan6.com, Jakarta Setelah masyarakat melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 22, peserta diharapkan terus memantau informasi terkait status penerimaan. Pasalnya, pelatihan pertama harus segera dibeli dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 22.

Batas waktu 30 hari ini disesuaikan dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-22 telah ditutup pada Rabu, 27 Oktober 2021.

Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu memaparkan kuota yang disediakan untuk gelombang ke-22 adalah 46 ribu formasi.

Kuota tersebut berasal dari pencabutan status kepesertaan di gelombang 18 sampai 21. Louisa menambahkan gelombang ke-22 menjadi gelombang pemulihan di semester 2 tahun 2021.

Melansir dari laman prakerja.go.id, Jumat (29/10/2021), peserta yang berhasil menerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Saldo ini bermanfaat untuk membeli pelatihan melalui tujuh platform digital, antara lain Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Adapun beberapa jenis pelatihan yang disediakan, seperti cara berjualan secara online, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, fotografi, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara untuk memeriksa status penerimaan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Periksa Status Penerimaan

Status penerimaan bisa diperiksa melalui notifikasi di dashboard pada laman prakerja.go.id. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, berarti proses seleksi sedang berjalan.

Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja. Peserta tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Hal ini dilakukan agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

Selanjutnya, apabila dinyatakan tidak lolos, peserta akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard. Peserta bisa memeriksa alasan ketidaklolosan melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

Selain melalui dashboard, status penerimaan akan diumumkan melalui SMS atau e-mail.

3 dari 3 halaman

Cara Beli Pelatihan

Berikut adalah cara untuk membeli pelatihan ketika dinyatakan lolos program Kartu Prakerja gelombang ke-22.  

1. Periksa dashboard untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Jangan lupa pastikan kembali apakah saldo pelatihan sudah tersedia atau belum.

2. Bandingkan pelatihan di ketujuh platform digital.

3. Kemudian, pilih pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

Manfaatkan kesempatan ini dengan bijak. Peserta hanya bisa mengikuti program Kartu Prakerja sekali seumur hidup.

Sisa saldo pelatihan pun tidak bisa diuangkan. Jadi, peserta bisa membeli pelatihan sebanyak-banyaknya dengan catatan jumlah saldo masih mencukupi.

Reporter: Shania

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.