Sukses

World Bank: Digitalisasi Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan sebanyak 80 persen UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di tengah pandemi Covid-19.

Apa yang disampaikan Menteri Teten ini sesuai hasil survei terbaru yang dirilis oleh World Bank.

"Kalau kita lihat riset World Bank terbaru, menyebutkan 80 persen UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan yang lebih baik di masa pandemi," ujarnya dalam mikro forum virtual Forwada 2021, Kamis (23/9)

Teten menerangkan, ketahanan UMKM sendiri terbentuk lantaran digitalisasi merupakan media yang tepat untuk menunjang percepatan dan perluasan akses pembiayaan.

Dengan demikian, UMKM yang telah terhubung dalam ekosistem digital lebih mudah memperoleh akses pembiayaan untuk menjaga kelangsungan pandemi di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi, digitalisasi merupakan media yang baik untuk percepatan perluasan akses pembiayaan UMKM," tekannya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Segera Transformasi

Oleh karena itu, Teten mendorong seluruh pelaku UMKM di tanah air untuk segera bertransformasi ke dalam ekosistem digital. Mengingat, adanya manfaat nyata bagi kelangsungan bisnis di tengah situasi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19.

"Transformasi digital menjadi kunci pemulihan dan kebangkitan sektor UMKM selama pandemi dan pasca pandemi," bebernya.

 Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com