Sukses

Intip Lagi Materi Soal Tes SKD CPNS 2021 yang Diujikan

Pembagian soal tes SKD CPNS 2021 yang diujikan ditetapkan melalui Kepmen PANRB Nomor 1023/2021.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa dari kementerian dan lembaga sudah mengumumkan siapa saja peserta yang lolos ke tahap selanjutnya hingga jadwal dan lokasi dari tes SKD CPNS 2021.

Peserta tes SKD CPNS 2021 selalu diimbau untuk terus mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan ujian.

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan CPNS 2021 adalah latihan soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) seperti tahun-tahun sebelumnya.

Adapun tes SKD CPNS 2021 akan terbagi ke dalam tiga sesi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi  (TKP).

Pembagian soal yang diujikan telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 1023/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2021.

Berikut adalah rincian dari soal tes SKD CPNS yang akan diujikan berdasarkan tiga sesi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Materi

Tes Wawasan Kebangsaan

Tes ini bertujuan untuk menilai penguasaan serta pengetahuan peserta. Aspek penilaian yang diberikan antara lain sebagai berikut.

  1. Nasionalisme
  2. Integritas
  3. Bela Negara
  4. Pilar Negara
  5. Bahasa Indonesia

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Kedua, tes dilakukan bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan para peserta dalam mengimplementasikan kemampuan verbal yang meliputi beberapa aspek di bawah ini.

  1. Kemampuan Verbal: analogi, silogisme, analitis
  2. Kemampuan Numerik: berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita
  3. Kemampuan Figural:analogi, ketidaksamaan, dan serial

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes ketiga bertujuan untul mengetahui penguasaan terkait dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan beberapa keterampilan dan kompetensi di bawah ini.

  1. Pelayanan Publik
  2. Jejaring Kerja
  3. Sosial Budaya
  4. TIK
  5. Profesionalisme
  6. Anti-radikalisme
3 dari 3 halaman

Soal SKD CPNS 2021

Total soal yang diujikan sebanyak 110 soal akan diberikan dalam SKD CPNS 2021 dalam tiga materi berbeda antara lain 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 45 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Durasi waktu yang diberikan selama 100 menit. Meskipun demikian, peserta dalam kategori disabilitas akan diberikan waktu tambahan yaitu sekitar 130 menit. 

Penilaian nantinya akan mendapatkan skor 5 untuk jawaban benar, nilai 0 untuk jawaban salah khususnya pada materi TWK dan TIU. Dengan demikian, nilai maksimal untuk lulus dari TW adalah 150 poin, TIU 175 poin, dan TKP 225.

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.