Sukses

Cetak Rekor, Jersey Cristiano Ronaldo Laku Terjual Rp 640 Miliar dalam 12 Jam

Penjualan jersey Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan rekor Liga Premier hanya dalam waktu 12 jam setelah dirilis.

Liputan6.com, Jakarta Kembalinya pesepak bola Portugal Cristiano Ronaldo ke Manchester United disambut baik para penggemar. Alhasil, penjualan jersey dengan nomor punggung 7 itu berhasil memecahkan rekor Liga Premier hanya dalam waktu 12 jam setelah dirilis.

Menurut situs penjualan online LovetheSales.com, Senin (6/9/2021), total penjualan jersey mencapai GBP 32,5 juta (Rp 640,9 miliar). Diketahui penjualan jersey dilakukan lebih dari 1.000 pengecer online di UK.

Melansir dari FOX Sports, kit United dengan nomor punggung Ronaldo yang dijual dengan harga GBP 80 (Rp 1,5 juta) hingga GBP 110 (Rp 2,1 juta) diperkirakan terjual sebanyak 295.500 hingga 406.250 jersey pada periode ini.

Bahkan, United dan produsen kit resmi Adidas sudah berusaha untuk memenuhi permintaan penggemar. Situs resmi klub mengatakan semua jersey tidak akan dikirimkan hingga 1 Oktober mendatang.

Meskipun ratusan miliar berhasil dikantongi dari hasil penjualan jersey, klub hanya akan mendapatkan sebagian kecil dari hasil penjualan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendapatkan Maksimal 10 Persen dari Hasil Penjualan

Manchester United telah menandatangani kontrak dengan Adidas senilai GBP 750 juta (Rp 14,8 triliun) pada 2014. Kontrak tersebut sekaligus menjadi kesepakatan kit terbesar dalam sejarah sepak bola.

Umumnya, klub besar yang telah menjalin kesepakatan dengan produsen hanya akan mendapatkan maksimal 10 persen dari hasil penjualan kit.

Dosen senior keuangan olahraga Universitas Sheffield Hallam, Dan Plumley berkata, “Sangat tidak mungkin bahwa potongan yang diberikan kepada klub akan pernah di atas 10 persen."

Plumley mengklaim bahwa angka sebenarnya yang akan dikantongi United adalah maksimal GBP 5 (Rp 98 ribu) per jersei.

Perkiraan terbaik United akan mendapatkan sekitar 6,25 persen dari harga jual. Sementara itu, perkiraan terburuknya hanya sekitar 4,5 persen.

Diasumsikan rata-rata harga jersei adalah GBP 90 (Rp 1,7 juta). Ini berarti sebanyak 360 ribu jersei berhasil terjual.

Dengan demikian, United yang memperoleh maksimal Rp 98 ribu per jersei akan mengantongi sekitar GBP 1,8 juta (Rp 35,5 miliar). Fakta tersebut menunjukkan hasil penjualan belum bisa menutupi biaya kepindahan Ronaldo ke United sebesar GBP 12,85 juta (Rp 253,4 miliar).

Penjualan jersei hanya menjadi bagian kecil dari pendapatan United yang tahun lalu mencapai GBP 509 juta (Rp 10 triliun). Bergabungnya Ronaldo mampu membuat nilai United semakin besar sehingga menghasilkan kesepakatan dengan berbagai sponsor.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.