Sukses

Subholding Gas Pertamina Luncurkan Aplikasi Monitoring Penyaluran Gas

PT Pertamina (Persero) melalui Suholding Gas dan afiliasi PT Pertamina Gas (Pertagas) meluncurkan sistem dashboard monitoring

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui Suholding Gas dan afiliasi PT Pertamina Gas (Pertagas) meluncurkan sistem dashboard monitoring yang perdana digunakan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang pada Kamis, 2 September 2021. Peluncuran ini sekaligus memperingati Hari Pelanggan Nasional 2021 yang jatuh pada Sabtu (4/9/2021) hari ini.

Dengan sistem dashboard monitoring, pelanggan Pertagas dapat memonitor data penyaluran minyak dan gas bumi secara real time.

Manager Market Development Pertagas Eryanto Soelarso mengungkapkan, sebelumnya Pertagas terlebih dahulu melaksanakan kegiatan customer insight secara deep interview untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Dari hasil interview, diketahui harapan-harapan pelanggan, salah satunya kebutuhan memonitor penyaluran gas secara mudah dan cepat tanpa jeda waktu.

"Kami kemudian berinovasi membuat tools dashboard monitoring yang sebelumnya menggunakan VPN menjadi web based melalui kerjasama dengan Subholding Gas," ujar Eryanto, Sabtu (4/9/2021).

Inovasi dashboard monitoring ini disambut baik oleh Pusri. VP Operasi Pusri IIB Andri Azmi mengatakan, kehadiran dashboard monitoring memudahkan Pusri dalam memonitor penyaluran gas.

"Dengan adanya dashboard monitoring dari Pertagas, sangat memudahkan kami sebagai produsen dalam memonitor penyaluran gas untuk pabrik-pabrik kami. Sistem ini sangat nyaman karena mudah diakses dimana saja, mirip dengan yg ada di e-commerce," ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya

Azmi menambahkan, sebelumnya data penyaluran gas dari Pertagas hanya dapat diakses 2 jam sekali. Kini, Pusri bisa melihat data real time tanpa jeda waktu sehingga pengelolaan pabrik menjadi lebih efisien.

"Sekarang kami sudah tidak khawatir akan jeda waktu data. Karena sekarang kami bisa melihat data secara real time dan disesuaikan dengan kondisi pabrik yang sedang berjalan," sebut Azmi.

Sistem dashboard monitoring ini memanfaatkan aplikasi SIPGAS milik PGN sebagai Subholding Gas Pertamina. Selain Pusri, sistem dashboard monitoring akan mulai diperkenalkan pada key customer Pertagas lainnya seperti Petro Kimia Gresik dan PLN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Pertamina Gas adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream industri gas Indonesia.

    Pertagas

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • PT Pusri memiliki nama panjang PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, merupakan anak dari PT Pupuk Indonesia.

    Pusri

  • Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam/tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman.

    Pupuk

  • gas