Sukses

Terbongkar! Satu Hal yang Orang Sukses Paling Bagus Lakukan

Liputan6.com, Jakarta Selama beberapa dekade, investor kaya Ray Dalio kerap bertemu dan bergaul dengan berbagai orang sukses di belahan dunia. Selama perjalanannya, ada satu dua hal yang ia pelajari termasuk kebiasaan apa yang sering dilakukan.

“Pada umumnya, orang-orang paling sukses lebih baik dalam memahami apa kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya,” ujar Dalio kepada CNBC Make It (3/8/2021).

Saat ini, kekayaan yang dimiliki Dalio mencapai USD 20,3 milia dan setelah apa yang sudah ia dapatkan sekarang, tips untuk bisa menjadi sukses adalah mengetahui apa kelemahan yang Anda miliki.

“Jika Anda tidak tahu kelemahan diri sendiri, Anda tidak dapat mengatasinya,” kata dia.

Dalio menjelaskan bahwa respons yang diberikan terhadap sekitar dalam keseharian, misalnya kepada bos atau rekan kerja, dapat dijadikan sebagai langkah awal. Kemudian, melihat pola kesalahan yang pernah dilakukan.

Sementara itu, kebanyakan orang justru menganggap mengetahui kelemahan diri tidaklah terlalu penting. Kelemahan merupakan sebuah tantangan besar yang harus di atas karena dapat menjadi hambatan Anda untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

“Untuk kebanyakan orang, hambatan besar itu akan terus menerus muncul jika tidak diatasi,” jelas Dalio

Bahkan Dalio sendiri masih berusaha untuk terus mengatasi kelemahannya sendiri. Ia menjawab kekurangan dalam dirinya masih belum bisa memberikan respons yang baik kepada lawan bicara dan tata bahasa saat bicara pun masih berantakan, alias bertele-tele.

Oleh karena itu, caranya mengatasi kelemahan dalam diri dengan mengunggah kesalahan dan kekurangannya sendiri di media sosial agar bisa melihatnya langsung sebagai reminder dalam diri.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Diskusi Bersama Orang Lain

“Setelah Anda mengetahui kelemahan terbesar dalam diri, coba diskusikan hal tersebut dengan orang lain agar bisa menambah insight baru,” ujarnya.

Diskusi yang dilakukan bersama orang lain akan membuat Anda lebih mudah menemukan cara mengubahnya kelemahan Anda dan menjadikannya sebagai kekuatan baru. Cara lain yang direkomendasikan Dalio bisa dengan menemukan orang-orang yang ahli dibidang tersebut, bisa kolega, pelatih, atau kerabat sendiri.

Tidak perlu untuk menjadi orang hebat yang serba bisa. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan orang-orang yang dapat menutupi kekurangan Anda lewat kelebihan mereka.

Sejak dirinya mengundurkan diri sebagai co-CEO Bridgewater Associates pada 2017, banyak waktu yang ia luangkan untuk membantu orang lain agar berhasil dalam pekerjaan di Principles⎼perusahaan perangkat lunak yang dikembangkan Dalio.

“Aplikasi dapat membantu orang mendapatkan respons atau interaksi saat harus bekerja dari rumah,” tutup Dalio.

Reporter: Caroline Saskia Tanoto