Sukses

LaporCovid-19 Sebut PPKM Darurat Belum Efektif Tekan Laju Penyebaran Virus

Pelanggaran PPKM Darurat terbanyak terjadi di sektor perkantoran dan pusat bisnis, yaitu 31 persen.

Liputan6.com, Jakarta - LaporCovid-19 menilai penerapan PPKM Darurat belum terlalu efektif dalam menekan laju penyebaran virus dan menurunkan kasus positif.

Relawan LaporCovid-19 Yemiko Happy mengatakan, penilaian tersebut didasarkan pada analisa LaporCovid-19 terhadap laporan masyarakat soal pelanggaran PPKM Darurat yang berjumlah rata-rata 30 laporan per hari.

"Banyaknya pelanggaran PPKM Darurat menunjukkan bahwa PPKM tidak terlalu efektif," ujar Yemiko dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7/2021).

Dari laporan yang diterima LaporCovid-19, pelanggaran PPKM Darurat terbanyak terjadi di sektor perkantoran dan pusat bisnis, yaitu 31 persen, disusul dengan tempat publik seperti lapangan atau pinggir jalan raya sebesar 21 persen dan individu atau kelompok yang positif Covid-19 tapi tidak melakukan isolasi mandiri, sebesar 13 persen.

"Lalu peribadahan 10 persen, karena kemarin ada hari raya Idul Adha karena ibadah di tempat. Dan masih ada juga pendidikan yang membuka layanan tatap muka (10 persen), kemudian hajatan (8 persen) dan tempat makan (7 persen)," jelas Yemiko.

Lanjut Yemiko, keluhan masyarakat terbanyak masih mengenai pencarian rumah sakit atau tempat isolasi (40 keluhan), pelayanan puskesmas (26 keluhan) hingga konsultasi online (25 keluhan).

"Keluhan terhadap pemerintah juga banyak, seperti ketua RT dan RW tidak tanggap terhadap masyarakat yang isoman," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stigma

Tak hanya itu, masyarakat juga masih memiliki stigma terhadap Covid-19 yang paling besar dihadapi perempuan (59 persen). Stigma tersebut paling banyak berupa anggapan bahwa pengidap Covid-19 membawa aib sehingga harus dikucilkan.

"Lalu permasalahan bansos, ini paling banyak masalah terkait penyaluran (33 persen), penyaluran tidak tepat, tidak terdata ini masih ada. Ada yang bahkan belum menerima sama sekali dari awal pandemi," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.