Sukses

Sabar, Masa Tunggu Haji Terlama Capai 46 Tahun

Pandemi Covid-19 berkepanjangan turut berdampak pada kegiatan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 berkepanjangan turut berdampak pada kegiatan ibadah haji yang antriannya semakin menumpuk. Setelah gagal pergi ke Tanah Suci selama dua tahun, Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan masa tunggu pemberangkatan haji terlama saat ini mencapai 46 tahun.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar mengatakan, program pemberangkatan termasuk pengelolaan dana haji jadi sesuatu yang selalu seksi untuk dibicarakan, dan kerap mencuri perhatian publik.

"Hal itu dikarenakan selain jumlah dananya yang sangat besar yakni Rp 144 triliun menurut informasi BPKH saat ini, dana haji peruntukannya menyangkut ibadah haji yang waktunya sudah ditentukan," tuturnya dalam suatu sesi webinar, Senin (19/7/2021).

Selain itu, Nizar melanjutkan, ciri khas lain dari dana haji adalah masa tenor panjang sepanjang masa tunggu para jamaah haji.

Dia menceritakan, meski seorang jamaah memberikan setoran awal tahun ini, namun dana hajinya bisa jadi baru bisa digunakan puluhan tahun mendatang atau ketika membatalkan pendaftaran haji.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa Tunggu Terpanjang

Bahkan disebutkan Nizar, jamaah haji bahkan harus ada yang berinvestasi lama hingga waktu 46 tahun lantaran mendapatkan masa tunggu terpanjang.

"Masa tunggu terlama saat ini 46 tahun, sementara rata-rata nasional masa tunggu 26 tahun," ujar Nizar.

Oleh karenanya, dia menekankan agar pengelolaan dana haji selalu mementingkan poin kehati-hatian, keamanan, transparansi, hingga akuntabilitas dalam mengelolanya.

"Jangan sampai dana haji hilang karena salah kelola seperti kejadian saat ini pada beberapa perusahaan pengelola keuangan," imbuh Nizar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.