Sukses

7 Produk Terbaik BUMN Pekan Ini, Ada Obat Terapi Covid-19

BUMN Farmasi PT Indofarma Tbk (INAF) mulai mengedarkan obat Ivermectin sebagai salah satu pilihan terapi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengunggah konten produk-produk terbaik milik negara di Instagram TV pada Selasa 13 Juli 2021. Informasi tersebut dibawakan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Dalam unggahan tersebut terdapat produk-produk dari BUMN yang membanggakan. Antara lain adalah obat terapi covid-19 dan juga proyek kontruksi pemasangan atap terberat dan terpanjang di Indonesia. 

Lengkapnya, berikut adalah tujuh produk terbaik BUMN minggu ini:

Indofarma - Obat Terapi Covid-19

PT Indofarma Tbk (INAF) mulai mengedarkan obat Ivermectin sebagai salah satu pilihan terapi Covid-19. Izin peredaran obat tersebut telah diberikan pada 21 Juni 2021, bulan lalu.

Diketahui, negara-negara selain Indonesia seperti Filipina dan India mulai menggunakan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19. “Ivermectin sudah melalui uji stabilitas dan dapat bekerja untuk menekan perkembangan virus yang menyebabkan Covid-19,” jelas Menteri BUMN Erick Thohir.

Selama proses pengujian, hasil menunjukkan Ivermectin dapat membantu penyembuhan virus Covid-19. Untuk kategori ringan dapat mengonsumsi 2-3 butir sehari pada hari pertama, ketiga, dan kelima. Sementara kategori sedang, dapat mengonsumsi dosis yang sama selama lima hari berturut-turut secara teratur.

Namun, Erick menekankan bahwa Ivermectin bukanlah obat, melainkan terapi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

WIKA - Lifting Atap Terberat dan Terpanjang di Indonesia

PT Wijaya Karya Industri dan Produksi dan PT Binatama Akrindo sedang melakukan proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pembangunan tersebut berhasil melakukan pengangkatan atap bentang sepanjang 270 meter dengan bobot 3.900 ton dengan ketinggian 70 meter. Manager Proyek Struktur Atap dan Retractable Roof Arga Fransdika menjelaskan bahwa keberhasilan tersebut dicapai karena ada inovasi, kolaborasi, dan komitmen dari para pemangku kepentingan.

Kemudian, dikabarkan juga pembangunan stadion ini dapat diselesaikan pada 2021 mendatang. Bangunan yang dirancang untuk memuat 82.000 penonton dengan mekanisme atap buka-tutup otomatis akan menjadi yang pertama di Indonesia.

 

 

 

3 dari 7 halaman

Kereta Api Indonesia - Shower & Locker Selasar Malioboro

PT Kereta Api Indonesia Wisata membuka fasilitas sewa umum bagi masyarakat yang hendak mandi atau grooming dan menitipkan barang di Stasiun Tugu Jalan Pasar Kembang Yogyakarta.

“Fasilitas ini dibuka untuk meningkatkan pelayanan penumpang kereta api yang melakukan perjalanan jauh. Tujuan lainnya agar mempermudah penumpang menitipkan barang saat hendak berwisata,” jelas Humas PT KAI Ilud Siregar.

Layanan sewa ini dikembangkan dengan sistem self service. Penumpang yang menyewa locker harus mengunduh aplikasi Smart Locker terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran secara nontunai.

Fasilitas yang disediakan antara lain, free Wi-Fi, perlengkapan alat mandi, ruangan ber-AC. Meskipun begitu, diharapkan pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan.

 

4 dari 7 halaman

Pertamina - Program BBM Satu Harga

PT Pertamina Group Patra Niaga berkolaborasi dengan BPH Migas telah meresmikan 27 titik lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) melalui program BBM Satu Harga pada 9 Juni 2021 di kantor Integrated Terminal Pontianak.

Program tersebut ditujukan untuk pemerataan energi dengan harga BBM yang sama di setiap daerah/wilayah. Produk yang tersedia, yaitu Premium dan Solar akan disubsidi di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Titik baru tersebut terdapat di wilayah Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

“Ke depannya program ini diharapkan dapat mendukung pemerataan energi di seluruh wilayah agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat,” tambah Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar.

 

5 dari 7 halaman

Pelindo III - Inovasi Filter Menggunakan Biosolar B30

PT Berkah Industri Mesin Angkat, cucu perusahaan dari Pelindo III, mengembangkan inovasi filter baru menggunakan Biosolar B30 agar kinerja mesin dapat lebih optimal. Upaya filtrasi digunakan sebagai metode perawatan alat bongkar muat supaya penggunaannya bisa lebih tahan lama.

Proses uji coba membuktikan upaya tersebut dapat mengurangi endapan gel yang dihasilkan dari bakteri pada Biosolar. Tidak hanya itu, kerusakan akibat filter solar pun dapat diminimalisasikan dan menekan risiko kerusakan pompa bahan bakar serta injektor pada kandungan air mesin.

Inovasi ini yang dikembangkan telah digunakan secara resmi di Terminal Peti Kemas Semarang. 

6 dari 7 halaman

BGR Logistics - Layanan Trans Logistics Jawa dan Sumatera

PT Bhanda Ghara Reksa meluncurkan layanan jasa “Trans Logistics” Jawa dan Sumatera. Sebagai penyedia jasa logistik digital, layanan ini didukung dengan sistem teknologi informasi yang memadai sehingga mampu memberikan skema layanan jasa yang efisien.

Layanan jasa ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, kecepatan transaksi, dan transit poin yang dekat. Skema antara Jawa dan Sumatera dikembangkan dengan sistem hub-to-hub. Sebagai langkah awal, BGR Logistics langsung membuka 9 hub, yaitu Jakarta, Cikampek, Semarang, Sidoarjo, Boyolali, Lampung, Palembang, Pekanbaru, dan Medan.

“Adanya launching ini, diharapkan dapat menjadi awal pergerakan transportasi logistik di wilayah-wilayah Indonesia yang memiliki implikasi baik bagi Pangan Nasional,” ujar Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi. 

7 dari 7 halaman

AdMedika - Kartu Elektronik (eCard)

PT Administrasi Medika, anak usaha Telkom, meluncurkan electronic card sebagai pengganti kartu fisik untuk mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan. Layanan akan dilengkapi berbagai macam fitur yang berorientasi pada mobile application. Aplikasi MyAdMedika dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Pendataan yang dilakukan akan terjamin karena terintegrasi oleh Dukcapil untuk pengamanan data. Kemudian, kartu elektronik juga dilengkapi dengan QR Code untuk menghindari adanya tindak penyalahgunaan data pribadi.

Dengan menggunakan tagline “A Healthcare in Your Hand”, kartu elektronik ini dijadikan sebagai terobosan baru dalam meningkatkan layanan pengguna AdMedika dalam hal digitalisasi.

Reporter: Caroline Saskia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) adalah perusahaan BUMN bergerak di bidang jasa penyewaan dan pengelolaan ruangan dan pengiriman barang.

    BGR Logistics

  • Indofarma adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang farmasi.

    indofarma

  • PT KAI adalah salah satu bagian dari BUMN yang bergerak di bidang jasa angkutan penumpang dan barang.

    PT KAI

  • WIKA