Sukses

Salah Satu Keuntungan Kerja dari Rumah: Peluang Hemat Duit

Bekerja dari rumah membuat Anda tidak perlu beraktivitas di luar sehingga mengurangi pengeluaran.

Jakarta Bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya memberikan kesempatan agar Anda dapat menghemat pengeluaran.

Bahkan, beberapa perusahaan memberlakukan kerja dari rumah secara permanen. Ini bisa menjadi peluang mengatur anggaran.  

Melansir dari The Motley Fool, Kamis (15/7/2021), berikut lima tips kerja yang dapat digunakan untuk memaksimalkan keuangan Anda saat kerja dari rumah.

1. Beri Tahu Perusahaan Asuransi Mobil Terkait Adanya Perubahan

Memotong biaya asuransi mobil menjadi salah satu cara yang paling cepat untuk menghemat. Anda tidak perlu pergi ke kantor sehingga risiko untuk mengalami kecelakaan menjadi lebih rendah. Jadi, Anda dapat menghubungi perusahaan asuransi untuk mendiskusikan penurunan premi.  

2. Merencanakan Menu Makan

Bekerja dari rumah membuat Anda tidak perlu untuk makan siang di luar rumah karena dapat memasak sendiri.

Namun, tanpa perencanaan yang tepat, Anda berpeluang untuk memesan makanan secara online. Hal tersebut menambah pengeluaran karena adanya biaya pengiriman yang harus dibayarkan selain makanan.  

Anda dapat membuat perencanaan menu makan setiap minggu. Atau juga dapat memasak dalam jumlah banyak di akhir pekan agar dapat dikonsumsi pada hari kerja.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bicarakan Biaya Internet kepada Perusahaan

Perusahaan dapat menghemat pengeluaran karena tidak ada aktivitas fisik di kantor. Jadi, Anda dapat bertanya kepada perusahaan untuk memberikan subsidi terhadap internet yang digunakan, apabila Anda sering melakukan rapat secara online.  

4. Jadwalkan untuk Refreshing

Bekerja dari rumah saja dapat membuat Anda stres. Anda dapat melakukan refreshing, seperti bertemu dengan tetangga untuk jalan-jalan di perumahan atau mengunjungi taman bersama rekan kerja. Apabila Anda memiliki hal yang menyenangkan untuk dibahas, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk pergi ke luar rumah seperti coffee shop.  

5. Mengurangi Belanja Online  

Belanja online memiliki daya tarik tersendiri saat Anda memutuskan untuk mengambil jeda dari pekerjaan hingga akhirnya mengakses e-commerce. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memblokir website saat bekerja. Anda juga dapat menghapus kartu kredit dari akun e-commerce agar tidak berbelanja lagi.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.