Sukses

Tips Cerdas Atur Keuangan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Saat ini mulailah hidup dengan anggaran yang sesuai untuk Anda dan keluarga. Buat pilihan keuangan yang sehat untuk menghilangkan utang, mengurangi biaya, menghemat uang, dan meregangkan gaji tanpa terus-menerus menghitung angka.

Selalu evaluasi situasi keuangan Anda dengan cepat, dan mulailah menabung dengan beberapa tips mudah ini untuk mengatur anggaran keluarga, dilansir dari laman the balance.

1. Buat Anggaran

Langkah pertama untuk hidup berkeluarga dengan anggaran terbatas adalah melacak pendapatan dan pengeluaran keluarga Anda. Kumpulkan semua tagihan, slip gaji, laporan mutasi bank, dan semua yang Anda miliki yang menunjukkan uang masuk atau keluar. Tulis rencana anggaran hemat untuk mengelola uang.

Ketika melakukannya setiap bulan tanpa mempertimbangkan anggaran, Anda akan melewatkan peluang untuk memangkas biaya yang tidak perlu dan menghemat uang. Beberapa menit yang dihabiskan untuk membuat anggaran sekarang dapat menghemat banyak uang nantinya.   

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Menyimpan uang tampaknya seperti tujuan jangka panjang yang selalu di luar jangkauan pikiran ketika Anda berjuang dari bulan ke bulan hanya untuk membayar tagihan. 

Apakah Anda ingin menyimpan uang untuk dana kuliah anak atau ingin menyelipkan uang untuk masa pensiun, menetapkan tujuan keuangan merupakan langkah penting dalam melindungi masa depan keluarga Anda.

Jangan abaikan tujuan jangka pendek. Tujuan keuangan dapat mencakup pengurangan cepat pada tagihan listrik, tagihan kabel, dan pengeluaran lain yang mencegah Anda menghemat lebih banyak uang setiap bulan.   

3. Terbebas dari utang

Meskipun berutang bisa terasa luar biasa, mengelola utang itu mudah ketika Anda menetapkan tujuan keuangan yang realistis. Sebuah rencana pengelolaan utang dapat dibangun ke dalam anggaran sehingga Anda dapat melunasi kartu kredit dan hipotek dan menghilangkan utang secara keseluruhan.

Mungkin Anda tidak dapat melunasi semua utang hari ini, tetapi dapat terbantu dengan membuat rencana yang realistis untuk berusaha melunasinya. Anggaran akan menunjukkan ke mana uang dihamburkan dengan biaya bunga tinggi dan pengeluaran yang tidak perlu sehingga Anda dapat mengidentifikasi ke mana uang seharusnya benar-benar harus pergi.

2 dari 3 halaman

4. Rencana untuk Keadaan Darurat

Tekanan krisis keuangan dapat membebani keluarga bahkan keuarga kaya sekalipun. Membentuk dana darurat akan bermanfaat untuk membantu Anda mengumpulkan tabungan untuk pengeluaran tak terduga.

Asuransi jiwa serta wasiat terakhir juga dapat melindungi keluarga dari kesulitan keuangan jika sesuatu terjadi pada Anda atau pasangan. Manfaat dan ketenangan pikiran memilikinya sering kali lebih besar daripada biayanya.   

5. Kendalikan Pengeluaran untuk Makanan

Potong biaya makan keluarga dengan anggaran makanan yang terencana dengan baik. Hemat uang untuk belanjaan dengan daftar belanja yang sudah dipastikan. Anda pasti selalu paham apa yang dibutuhkan keluarga. Ini akan membuat dapur Anda tetap penuh tanpa harus membayar harga yang mahal.

Lupakan belanja di mall, lebih hemat berbelanja di pasar tradisional untuk menemukan lebih banyak penghematan. 

Penawaran atau promo makan di restoran juga merupakan pilihan ramah anggaran yang memberi Anda istirahat sejenak dari dapur tanpa menguras rekening yang banyak. Tidak masalah jika ini dilakukan sekali-sekali.

6. Anggaran Perjalanan

Banyak keluarga berpikir melakukan liburan sama dengan otomatis menghancurkan anggaran. Namun, dengan meregangkan uang perjalanan, Anda dapat membuat perjalanan impian menjadi kenyataan. 

Dengan beberapa langkah ekstra, Anda dapat menghemat uang liburan untuk menjadikan liburan sebagai bagian dari anggaran.

Jika ternyata anggaran tidak memungkinkan keluarga untuk bepergian, rencanakan saja staycation di sekitar kota. Walaupun berdekatan dengan rumah tetapi masih tersedia ruang untuk menikmati suasana baru sejenak dengan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: