Sukses

BI: Indonesia Punya Porsi Besar di Industri Halal Global

Bank Indonesia mencatat, peran Indonesia dalam industri halal dunia terus berkembang setiap tahunnya

Liputan6.com, Jakarta Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, mengungkapkan Indonesia memiliki peranan cukup besar dalam industri halal global. Hal ini dibuktikan degan posisi Indonesia yang dalam tiga tahun terakhir terus meningkat.

Berdasarkan data State of Global Islamic Economy Report 2020, Indonesia berada di posisi keempat dalam peringkat indicatore score.

Kemudian pada tahun yang sama, Indonesia sudah masuk dalam daftar 10 besar di seluruh sektor industri halal global. Pangsa pasar Indonesia dinilai cukup tinggi yaitu 11 persen terhadap industri halal global.

"Kami melihat bahwa posisi Indonesia dalam ekonomi keuangan syariah dunia terus mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir. Ini berita bahagia," tutur Rosmaya dalam Seminar Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah pada Rabu (21/4/2021).

Sektor ekonomi dan keuangan syariah saat ini merupakan salah satu tumpuan pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional. Sektor ini dinilai memiliki potensi dan kinerja yang berdaya tahan di tengah pandemi Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Populasi Indonesia

Sebagai negara mayoritas muslim terbesar, kata Rosmaya, Indonesia memiliki peluang besar untuk terus meningkatkan posisinya dalam indsutri halal global. Indonesia mewakili sekitar 13 persen dari populasi muslim dunia.

"Kita melihat Indonesia juga didukung dengan bonus demografi kaum milenial. Ini menggembirakan karena menjadi motor penggerak inovasi dan untuk kita melakukan pengembangan produk halal," jelasnya.

Faktor pendukung lain yaitu banyaknya lembaga keuangan syariah yang memadai untuk industri halal Tanah Air. Berdasarkan catatan Rosmaya, saat ini antara lain tercatat ada 14 bank umum syariah, 20 unit usaha syariah, dan 4.500 lembaga keuangan mikro Maal wa Tamwil (BMT) yang beroperasi di indonesia.

"Lembaga-lembaga ini dapat menjadi sumber pembiayaan bagi sektor industri halal," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.