Sukses

Langkah Strategis Pemerintah Kembangkan Industri Halal

Saat ini sudah dilakukan pembenahanan pencatatan perdagangan produk halal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah saat ini terus mendorong dan memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan ekonomi syariah termasuk keterlibatan dunia usaha. Salah satu targetnya yaitu meningkatkan skala usaha ekonomi syariah melalui penguatan seluruh rantai nilai industri halal di Indonesia.

"Sejumlah program pengembangan industri produk halal telah mulai dilaksanakan dan akan terus diupayakan secara berkelanjutan," kata Ma'ruf Amin dalam acara peluncuran Unilever Muslim Centre of Excellence dakan akun YouTube Unilever Indonesia, Kamis (8/4/2021).

Dia membeberkan langkah strategis yang sudah dilakukan untuk mengembangkan industri produk halal yaitu pembangunan kawasan industri halal maupun zona-zona halal. Dia menjelaskan saat ini sudah dilakukan pembenahanan pencatatan perdagangan produk halal Indonesia, termasuk pengembangan kodifikasi data industri halal. Kemudian pengembangan sistem serta proses sertifikasi produk halal dan ekspor yang mudah, efisien, dan efektif.

"Serta pengembangan subsitusi produk impor dan material non halal termasuk mendorong keterlibatan lembaga riset yang mendukung pengembangan industri produk halal," bebernya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unilever Muslim Center of Excellence

Sementara itu Ma'ruf Amin juga mengapresiasi dengan adanya peluncuran Unilever Muslim Center of Excellence. Hal tersebut kata dia akan memberikan dampak positif bagi pengembangan produk halal, termasuk untuk pemenuhan pasar global di seluruh dunia.

"Program ini sejalan dengan langkah-langkah strategis pemerintah dalam pengembangan industri produk halal," ungkapnya.

Tidak hanya itu, dia juga berharap dengan adanya peluncuran tersebut dapat mendorong perkembangan riset dan inovasi produk halal, pengembangan industri, produk halal dengan bahan baku lokal.

"Serta penguatan halal lifestyle dalam peningkatan penggunaan produk halal di kalangan masyarakat Indonesia," katanya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.