Sukses

Libur Paskah, Kendaraan dari Jawa ke Tol Trans Sumatera Naik 219 Persen

Libur Paskah pada Jumat (2/4/2021) turut membuat lalu lintas harian menuju Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) naik

Liputan6.com, Jakarta Libur Paskah pada Jumat (2/4/2021) turut membuat lalu lintas harian menuju Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) naik, utamanya jelang sehari pada Kamis, 1 April 2021.

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera mencatat puncak volume lalu lintas (VLL) kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra terjadi pada Kamis (1/4/2021). Pada saat itu, tercatat sebanyak 6.228 kendaraan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Jika dibandingkan dengan puncak libur paskah di tahun sebelumnya (21/5/20) yang hanya 1.950 kendaraan, VLL kendaraan di tahun ini justru mengalami peningkatan sebesar 219,38 persen.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya, J Aries Dewantoro, memperkirakan bahwa VLL kendaraan yang cukup tinggi pada H-1 paskah terjadi karena berdekatan dengan libur akhir pekan.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, volume kendaraanya jauh lebih tinggi mengingat libur Paskah kali ini berdekatan dengan akhir pekan," ujar Aries, Senin (5/4/2021).

Lebih lanjut, Aries juga menyampaikan, total kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera melalui pintu masuk GT Bakauheni Selatan sejak Kamis (1/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021) mencapai 23.210 kendaraan.

"Untuk puncak arus balik kendaraan yang keluar dari Pulau Sumatra kembali ke Pulau Jawa terjadi pada hari Minggu (4/4/2021) dimana tercatat sebanyak 7.755kendaraan yang melintas di jalur arus balik Jalan Tol Trans Sumatera melewati exit Tol Bakauheni Selatan," terang Aries.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

21 Rest Area Jalan Tol Trans Sumatera Disiapkan Sambut Mudik Lebaran 2021

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah mempersiapkan 21 rest area yang terdapat di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, menjelang mudik lebaran 2021

“Dalam menghadapi persiapan libur ini, pihak manajemen juga telah mempersiapkan 12 rest area yang terdapat di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang terletak di KM 20 A & B, KM 33 A & B, KM 49 A & B, KM 67 A & B, KM 87 A & B, KM 116 A & B,” kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, dikutip Liputan6.com dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021).

Sedangkan di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terdapat 9 rest area yang terletak di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, dan KM 311 A.

Lanjut Koentjoro, untuk ruas yang rest areanya masih dalam tahap pembangunan seperti Ruas Pekanbaru – Dumai, telah disiapkan juga 4 rest area sementara yang kualitasnya tidak kalah dengan rest area dengan berbagai fasilitas seperti SPBU, tenant UMKM, minimarket, musholla, dan lainnya.

Meskipun saat ini pengoperasian jalan tol sudah memasuki era AKB, Hutama Karya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di ruas tol dan rest area.

“Terkait dengan aspek protokol kesehatan yang diterapkan, pengguna jalan tol tidak perlu khawatir, kami mewajibkan seluruh petugas tol menggunakan masker, face shield, sarung tangan, dan manset dalam bekerja serta melayani pengguna jalan,” ujarnya.

Hutama Karya juga melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin baik di gerbang tol, gedung kantor hingga rest area. Selain itu, pihaknya juga menyediakan pengecekan suhu dan kesehatan gratis serta tempat cuci tangan di rest area.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.