Sukses

Hari Pertama Layani GeNose, 76 Penumpang di Bandara AP I Dinyatakan Positif

Angkasa Pura I telah mengimplementasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara YIA dan Bandara Juanda

Liputan6.com, Jakarta Angkasa Pura I telah mengimplementasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya pada 1 April kemarin. Implementasi tersebut berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukkan tes GeNose.

"Penerapanan layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya pada hari pertama ini berjalan lancar. Hal ini berkat kesiapan dan kerja sama yang baik antara petugas bandara dan penyedia layanan GeNose C-19 dalam memberikan layanan yang baik kepada calon penumpang," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/4/2021).

Dirut Faik menjelaskan, pada hari pertama penerapan layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) yang mengoperasikan 5 mesin GeNose, terdapat 289 calon penumpang yang diperiksa dan didapati 23 calon penumpang yang hasil pemeriksaan GeNose-nya positif. 

“Penumpang dengan hasil pemeriksaan positif tersebut diarahkan untuk melakukan tes PCR lanjutan di rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Untuk layanan GeNose C-19 di YIA, yang terletak di area gedung penghubung lantai mezzanine sisi timur, dibuka mulai pukul 04.00 - 19.00 WIB dan saat ini hanya melayani pembayaran tunai dengan tarif seharga Rp40.000.

Sementara itu, di Bandara Juanda Surabaya yang mengoperasikan 7 mesin Genose, terdapat 334 calon penumpang yang diperiksa menggunakan GeNose C-19 pada 1 April, di mana hasil pemeriksaan 54 calon penumpang didapati positif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isolasi Mandiri

Bagi calon penumpang yang positif diarahkan untuk melakukan tes PCR atau melakukan isolasi mandiri. Layanan GeNose C-19 di Bandara Juanda Surabaya yang terletak di area lobby keberangkatan Terminal 1 Gedung Baru beroperasi sejak pukul 11.00 - 19.00 WIB.  

"Kami menghimbau kepada calon penumpang yang ingin menggunakan layanan GeNose C-19 untuk melakukan pendaftaran sebelum hari pelaksanaan tes melalui aplikasi Farmalab atau melalui website rapid.apsupports.com agar dapat mempercepat antrean pendaftaran dan  mengantisipasi terjadinya penumpukkan antrean,” ungkapnya.

Demikian pihaknya juga menghimbau kepada calon penumpang untuk tiba di bandara selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan dan menaati aturan untuk pemeriksaan GeNose C-19 seperti tidak merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampe napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.