Sukses

Ada Vaksinasi, Pusat Perbelanjaan Diprediksi Pulih Awal 2022

Liputan6.com, Jakarta Bisnis pusat perbelanjaan dan ritel di Indonesia diprediksi mulai menggeliat vaksinasi Covid-19 secara massal sudah dilakukan terhadap masyarakat. Prediksinya, sektor ritel dan pusat perbelanjaan akan pulih di awal tahun 2022.

Ini diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja.  "Pemulihan secara signifikan diperkirakan baru akan mulai terjadi pada awal tahun depan," jelas Alphonzus saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (21/3/2021).

Adapun saat ini, vaksinasi baru digelar untuk kelompok tertentu, seperti petugas layanan publik dan lanjut usia (lansia).

Rencananya, proses pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum baru akan dimulai, paling cepat, pada kuartal II tahun 2021.

"Tentunya ini masih memerlukan waktu yang cukup panjang, sehingga kondisi usaha ritel pada 2021 ini masih akan mengalami tekanan yang cukup berat," jelas dia.

Tahun ini, sejumlah gerai pusat perbelanjaan setop beroperasi. Hal ini murni karena dampak pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat memilih untuk berdiam di rumah Menurut Alphonzus, masing-masing perusahaan memiliki daya tahan yang berbeda dalam menghadapi pandemi ini.

"Bagi yang sudah tidak mampu bertahan, maka terpaksa menutup usaha atau menjualnya," jelasnya

2 dari 3 halaman

Pengusaha Sesalkan Keputusan Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini