Sukses

Orang Terkaya Dunia Mukesh Ambani Berambisi Bangun Kebun Binatang Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Orang terkaya di India, Mukesh Ambani berencana membangun kebun binatang terbesar di dunia. Proyek ambisius keluarga miliarder Ambani ini tengah menuai banyak kritikan dari banyak pihak.

Seperti dikutip dari Aljazeera, Kamis (25/2/2021), proyek yang akan dinamai "Green Zoological Rescue and Rehabilitation Kingdom" ini akan dibangun di lahan seluas 113 hektar di kota Jamnagar, negara bagian Gujarat, sebelah barat India.

Di dalam kebun binatang itu, nantinya akan dihuni hampir 100 spesies hewan. Termasuk burung, reptil dari India dan seluruh dunia. Ada juga singa Afrika, harimau Bengal, hingga komodo.

Proyek ini rencananya akan ditangani langsung putra Mukesh Ambani, Anant Ambani yang merupakan anggota dewan direksi di Jio. Lini bisnis Mukesh yang bergerak di sektor industri telekomunikasi.

Bulan Januari lalu, miliarder Mukesh mencapai kesepakatan dengan kebun binatang Assam di Ghuwati untuk barter hewan peliharaan. Untuk mendapat dua macan kumbang hitam langka, Mukesh menukarnya dengan dua zebra asal Israel.

Kesepakatan ini sontak menuai kritikan dari politisi lokal. Bahkan pada Minggu yang lalu, sekitar 100 aktivis berkumpul di depan kebun binatang Assam untuk memprotes pemindahan macan kumbang tersebut.

"Tampaknya bahkan hewan liar yang dikurung di kebun binatang tidak dapat melarikan diri dari tentakel rumah perusahaan besar," ujar Bobbeeta Sharma, ketua komite kongres daerah Assam seperti dikutip Aljazeera dari pemberitaan media lokal.

 

2 dari 3 halaman

Kekayaan Keluarga Ambani

Mukesh Ambani merupakan salah satu miliarder terkaya di dunia. Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Mukesh mencapai USD 79,4 miliar setara Rp 1.111 triliun.

Sumber kekayaa dari kesuksesan bisnis keluarganya, Reliance Industries. Perusahaan multisektor paling berharga di India ini menjalankan bisnis di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi hingga ritel.

Bukannya pusing karena pandemi Covid-19, Mukesh makin panen kekayaan. Tahun lalu, dia berhasil menjual sepertiga kepemilikan sahamnya di Jio kepada Facebook dan Google seharga USD 20 miliar setara Rp 280 triliun.

Mukesh dan keluarga besarnya yang dikenal sebagai 'Keluarga Ambani' ini tinggal di sebuah menara 27 lantai di Mumbai yang memiliki tiga helipad dan kabarnya menghabiskan biaya USD 1 miliar setara Rp 14 triliun untuk membangunnya.

Reporter: Abdul Azis Said

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini