Sukses

Beli BBM hingga LPG Cukup dari Rumah, Pengunduh Aplikasi MyPertamina Capai 7 Juta

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi MyPertamina menjadi salah satu cara PT Pertamina (Persero) memaksimalkan berbagai layanan kepada masyarakat. Lewat aplikasi ini, masyarakat dengan mudah memperoleh berbagai layanan dan produk Pertamina.

Manager Retail PT Pertamina (persero) MOR II Putut Adriatno mengatakan, aplikasi MyPertamina memberikan kemudahan bagi konsumen. Terutama di saat pandemi, banyak masyarakat beraktivitas dari rumah saja.

Tercatat jika jumlah pengunduh applikasi MyPertamina mencapai lebih dari 7 juta konsumen. Di MyPertamina, berisi informasi mengenai SPBU terdekat, berserta produk dan fasilitas yang tersedia.

Mulai dari harga produk saat ini, product knowledge, informasi terkait event dan promo yang sedang berjalan seperti Berbagi Berkah MyPertamina, Pertashow, loyalty program dan penukaran poin yang sedang berjalan.

"Untuk pembelian produk BBM di SPBU sudah dapat dilakukan menggunakan aplikasi MyPertamina. Saat ini kami dalam tahap pengembangan agar konsumen juga dapat membeli produk ritel Pertamina selain BBM dari MyPertamina," kata Putut.

Adapun untuk layanan antar, konsumen juga dapat dilakukan dengan mengakses situs web pds135.com serta dengan menghubungi Pertamina Call Center 135 (PCC 135) atau nomor WA Pertamina Delivery Service (PDS) yaitu 0811 135 0 135.

Diklaim juga MyPertamina saat ini sudah mulai menjadi pilihan konsumen untuk membeli produk pertamina. Tercatat, ada peningkatan penggunaan aplikasi ini.

Mulai dari ratusan ribu transaksi di bulan Januari 2020, saat ini meningkat hingga mencapai lebih dari 1,5 juta transaksi per bulannya.

Ke depan, kata Putut, pengembangan akan lebih fokus untuk memberikan kemudahan dan menambahkan kenyamanan kepada konsumen dalam bertransaksi mengenai produk-produk Pertamina. Salah satunya, penambahan opsi pembayaran dan delivery service melalui MyPertamina.

"Selain kemudahan tersebut, MyPertamina juga akan fokus dalam memberikan reward bagi konsumen-konsumen setia Pertamina," jelas Putut.

 

 

2 dari 2 halaman

Sistem Pembayaran

Mengenai pembayaran di MyPertamina, saat ini konsumen dapat menggunakan metode cashless, yang bekerja sama dengan LinkAja.

Manfaat pembayaran cashless adalah tidak repot untuk membawa dompet, tidak repot dengan uang kembalian, pembayaran praktis dan mudah, setiap transaksi, akan mendapatkan poin MyPertamina yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan dengan hadiah menarik.

Begitu juga mengenai promo yang saat ini dilakukan oleh Pertamina, ada berbagai berkah MyPertamina, hemat BBM Rp 100/liter memakai MyPertamina sampai dengan akhir Maret 2021, tukar voucher Kompas.id, hingga tukar voucher kopi kenangan.

"Kemudian tukar voucher green fee golf, tukar merchandise brix SPBU dan program promo menarik lainnya," ujar Putut.

Pertamina juga memperkuat layanan Pertamina Delivery Service (PDS) dimana bisa dipesan melalui nomor khusus, yang telah disediakan oleh Pertamina.

"Respon saat ini sangat baik, apalagi banyak penawaran menarik yang ditawarkan melalui PDS. Saat ini PDS bisa dipesan via Pertamina Call Center 135 dan whatsapp 08111350135, dalam waktu dekat PDS juga akan tersedia di apps mypertamina," ungkapnya.

Program delivery tersebut, saat ini terus dikembangkan untuk semua daerah, karena tujuan dari Pertamina memberikan layanan yang mudah untuk konsumen.

Saat ini saja, kata Putut, untuk PDS bright gas sudah tersedia di seluruh Indonesia, dan untuk produk BBM tersedia di kota-kota besar Indonesia. Konsumen dapat menghubungi PCC 135 untuk mengetahui coverage layanan PDS BBM.

Konsumen, kata dia, saat ini dimudahkan dengan keberadaan Pertamina Delivery Service. Apalagi, Pertamina memberikan banyak diskon.