Sukses

12 Polres Raih Penilaian Pelayanan Prima Predikat A dari Kementerian PANRB

Kementerian PANRB memberikan penghargaan kategori Pelayanan Prima dengan Predikat A kepada 12 Satuan Kerja Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kategori Pelayanan Prima  dengan Predikat A kepada 12 Satuan Kerja Polri. Hal itu berdasarkan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Polri tahun 2020.

“Saya sangat appreciate, terhadap upaya dan inovasi yang telah dilakukan dan tentunya harapan saya inovasi tersebut tidak berhenti hanya sampai di 12 Polres ini. Tapi ke depan bisa dilakukan secara nasional tidak hanya sampai di level Polres tapi Polda pun,” kata Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo, dalam sambutannya, Selasa (16/2/2021).

Adapun 12 Satker Polri yang mendapatkan kategori pelayanan prima dengan predikat A, yaitu Polresta Pekanbaru, Polrestabes Palembang, Polrestabes Bandung, Polresta Cirebon, Polres Malang, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Malang Kota, Polres Banyuwangi, Polres Kulon Progo, dan Polres Sleman.

“Sehingga kemudian pelayanan yang diberikan tidak bersifat parsial tapi semuanya merasakan standar kualitas prima yang sama. Oleh karena itu tolong disiapkan roadmaps kemudian tahapan-tahapannya sehingga kemudian semuanya bisa diukur,” ujarnya.

Tak lupa, Kapolri juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Menteri PAN-RB lantaran telah menurunkan tim untuk bisa memberikan asistensi, evaluasi dan juga penilaian kepada Polri. Ia pun berharap untuk rencana ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kinerja yang prima untuk Polres yang lain.

“Kita naikkan di level Polda dan juga Mabes Polri semuanya bisa melaksanakan pelayanan prima yang sama ini betul-betul bisa terwujud. Oleh karena itu tentunya saya selalu menghargai Inovasi dan kreatifitas dari anggota-anggota terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap publik,” ujarnya.

Demikian Kapolri mengharapkan agar pencapaian tersebut dapat semakin ditingkatkan ke depannya, dan diharapkan dalam kurun waktu 100 hari ke depan ada satuan wilayah atau satuan kerja lain secara bergantian yang mendapatkan penilaian yang sama.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kementerian PANRB: Layanan SIM oleh Polri Terus Meningkat, tapi Ada Catatan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menilai angka indeks hasil evaluasi lingkup Polres Polresta, Polrestabes dan Polres Metro dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa, menjelaskan, tahun 2018 angka indeks hasil evaluasi sebesar 3,31 persen kategori baik dengan catatan. Tahun 2019 meningkat cukup signifikan yaitu menjadi 3,57  persen kategori baik dengan skala 1 sampai dengan 5.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan maka perolehan Indeks pelayanan publik lingkup Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro tahun 2020 adalah sebesar 3,71 persen. Ini merupakan rata-rata dari indeks pelayanan SIM sebesar 3,77 persen dan indeks pelayanan SKCK sebesar 3,65  persen.

“Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik dalam penyelenggaraan pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” kata Diah dalam Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes, Selasa (16/2/2021).

Meskipun demikian, masih diperlukan kerja keras dan komitmen dari masing-masing Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro serta tentunya dukungan dari Polda terkait dan juga dari Mabes Polri, Untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan menuju pelayanan publik yang Prima.

Adapun Diah menyampaikan perolehan nilai evaluasi dari sebanyak 209 unit Polri yang dievaluasi tahun 2020 adalah sebagai berikut :

Nilai A atau pelayanan prima sebanyak 12 Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro.

Nilai A- sebanyak 40 Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro

Nilai B sebanyak 96  Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro

Nilai B- sebanyak 43 Polres Polresta Polrestabes dan Polres MetroNilai C sebanyak 16 Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro

Nilai C- sebanyak 2 Polres Polresta Polrestabes dan Polres Metro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.