Sukses

Kementerian PUPR Bangun Rusun PNS di Banjarbaru Senilai Rp 73,7 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun (Rusun) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XI di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun (Rusun) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XI di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan senilai Rp 73,72 miliar.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, saat ini pembangunan hunian vertikal menjadi salah satu solusi atas semakin terbatasnya lahan permukiman. Tak hanya di Ibu kota saja, pembangunan hunian vertikal juga harus merata di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan.

"Pelaksanaan pembangunan Rusun BBPJN XI ini dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan," ungkapnya.

Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan, Erpika Ansela Surira, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada kontraktor pelaksana lapangan. Saat ini proses pembangunan Rusun telah mencapai prosesi penutupan atap atau Topping Off Ceremony di lokasi pembangunan Rusun BBPJN XI.

"Kami telah melaksanakan prosesi topping off pembangunan fisik rusun. Kami berharap proses pembangunan bisa berjalan dengan baik, sehingga rusun ini bisa segera dihuni oleh PNS Kementerian PUPR yang belum memiliki hunian," ujarnya.

Erpika menerangkan, proyek pembangunan Rusun BBPJN XI tersebut dikerjakan secara multitahun mulai Oktober 2020 hingga akhir 2021.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontraktor

Adapun pelaksana pekerjaan dilaksanakan oleh kontraktor PT Citra Prasasti Konsorindo-PT Cipta Vera Mandiri lewat Kerja Sama Operasi (KSO), dengan manajemen konsultan PT Virama Karya (Persero) Cabang Kalimantan.

Berdasarkan data yang ada, Rusun BBPJN XI dibangun di Jalan HM Mistar Cokro Kusumo, Kelurahan Sungai Besar, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Bangunan vertikal tersebut berdiri di atas tanah seluas 921 meter persegi dan terdiri atas satu menara blok setinggi delapan lantai.

"Total ruang unit hunian Rusun BBPJN XI ini sebanyak 92 unit dengan tipe 45. Kami juga akan melengkapi rusun ini dengan meubelair, seperti tempat tidur, lemari pakaian dan meja kursi, sehingga para penghuni nantinya dapat tinggal dengan nyaman," jelas Erpika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.