Sukses

Mau Dapat Tiket Penerbangan Murah Meriah? Ikuti 3 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian menggunakan pesawat dinilai sangat efektif apalagi ketika hendak mengunjungi tempat di luar kota, pulau, atau negara. Walau memang harga tiketnya terkadang mahal, tetapi seseorang dapat menempuh perjalanan dengan cepat.

Namun, saat ini sudah tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa strategi yang harus Anda ketahui ketika akan membeli tiket penerbangan. Entah yang Anda beli untuk perjalanan bisnis atau keperluan lainnya. Anda harus mengetahui beberapa strategi ini agar bisa memperkirakan biaya yang dikeluarkan.

Melansir laman Real Simple, Kamis (21/01/2021), berikut ini beberapa strategi yang disarankan oleh para ahli ketika akan membeli tiket pesawat untuk perjalanan Anda.

1. Hindari Musim Liburan

Sebuah maskapai penerbangan terkadang menaikkan harga ketika tahu banyaknya permintaan pelanggan untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat dan waktu tertentu sedang tinggi.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli tiket dengan harga yang tidak terlalu mahal, carilah waktu ketika tidak banyak orang yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat.

Membeli tiket penerbangan di waktu atau hari-hari yang tidak terlalu ramai cenderung relatif lebih murah. Dengan begitu Anda akan lebih menghemat uang.

“Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik dengan waktu yang bukan di hari-hari besar, untuk itu Anda lebih baik menghindari waktu liburan,” kata Kimberly Palmer, pakar keuangan pribadi.

Selain itu, Liana Corwin, pakar perjalanan untuk aplikasi Hopper juga mengatakan, Anda bisa menggunakan aplikasi perjalanan untuk memantau harga penerbangan. “Memiliki aplikasi untuk memantau harga penerbangan dapat menghemat sebanyak 40 persen,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

2. Pilih Hari Terbaik

Palmer mengatakan, harga tiket penerbangan cenderung relatif lebih rendah pada hari kerja. Waktu terbaik untuk membeli tiket internasional kurang lebih sama saja seperti waktu untuk membeli tiket pesawat untuk penerbangan domestik.

Corwin menyarankan untuk membeli tiket penerbangan pada hari Rabu untuk perjalanan domestik dan internasional. Biasanya hari tersebut memberikan tarif yang lebih murah. Hindari hari Jumat-Minggu karena biasanya tarif akan relatif lebih mahal.

 

3. Mengetahui Waktu yang Tepat

Cara terbaik untuk mendapatkan tawaran menarik membeli tiket penerbangan adalah Anda harus merencanakannya terlebih dulu. Sebaiknya Anda pikirkan dengan baik dari jauh-jauh hari dan jangan mendadak.

“Saran saya kepada seseorang yang mencari promo penerbangan adalah membuat rencana penerbangan sebelumnya,” ujar Corwin. Namun, jangan juga membuat rencana terlalu jauh sebelumnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: