Sukses

Asuransi Bhineka Life Jamin Kemanan Data Nasabah

Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) memastikan kemanan data nasabahnya

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) memastikan kemanan data nasabahnya. Di industri asuransi, kemanan data menjadi satu faktor yang wajib dipenuhi perusahaan asuransi.

Kepastian tersebut diperkuat dengan diperolehnya sertifikat Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) setelah melalui serangkaian proses assessment Indeks Kemanan Informasi (Indeks KAMI) periode Oktober – November 2020.

Penyerahan sertifikat Indeks KAMI dilakukan oleh Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Ekonomi Digital BSSN, Nunil Pantjawati, kepada Head of IT Division Bhinneka Life, Joni Yang, pada Rabu, 16 Desember 2020 di Margo Hotel Depok, Jawa Barat.

Dikutip dari laman BSSN, Indeks Keamanan Informasi (KAMI) merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan assessment dan evaluasi tingkat kesiapan (Kelengkapan dan Kematangan) penerapan keamanan informasi berdasarkan kriteria SNI ISO/IEC 27001, yaitu Tata Kelola, Pengelolaan Risiko, Kerangka Kerja, Pengelolaan Aset, Aspek Teknologi dengan suplemen Pengamanan Keterlibatan Pihak Ketiga Penyedia Layanan, Pengamanan Layanan Infrastruktur Awan dan Perlindungan Data Pribadi.

Direktur utama Bhinneka Life, Wiroyo Karsono menyatakan bahwa dalam menjalankan seluruh operasional dan bisnis proses perusahaan, Bhinneka Life berkomitmen untuk selalu menerapkan tatanan perusahaan asuransi yang baik berdasarkan nilai korporasi sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan juga ketentuan yang berlaku khususnya dari POJK, PP, ISO dan juga Indeks KAMI.

“Ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini dengan berbagai risiko yang mungkin terjadi, maka keamanan seluruh informasi perusahaan termasuk didalamnya data pribadi karyawan, agen pemasar, nasabah dan para stakeholder selalu menjadi perhatian utama kami” kata Wiroyo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Melakukan Pengembangan

Menyambung hal tersebut, Head of IT Division Bhinneka Life, Joni Yang mengatakan dalam hal ini pihaknya melakukan assessment atas pengelolaan sistem aplikasi digital yang dimiliki Bhinneka Life diantaranya corporate website Bhinneka Life, Bhinneka Life Agency Tools (BLAT), B-STAR dan B-FLASH.

"Assesment Indeks KAMI juga sebagai upaya peningkatan pengelolaan keamanan informasi di masa mendatang seiring dengan pengembangan platform layanan digital Bhinneka Life kedepan,” tambahnya.

“Dengan adanya sertifikasi ini juga sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Bhinneka Life bahwa seluruh data nasabah khususnya dikelola dengan baik dan aman sesuai ketentuan penerapan sistem good corporate governance yang berlaku” ujar Joni.

Sebagai informasi, pada Oktober 2020 Bhinneka Life berhasil meraih penghargaan TOP GRC 2020 dengan predikat Baik dalam ajang penghargan TOP GRC (Governance, Risk & Compliance) Award 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Data nasabah