Sukses

Presiden Jokowi Bakal Resmikan Pelabuhan Patimban Minggu 20 Desember 2020

Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat akhirnya bakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Minggu, 20 Desember 2020

Liputan6.com, Jakarta - Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat akhirnya bakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Minggu, 20 Desember 2020. Turut mendampingi dijadwalkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun, peresmian akan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada pekan ketiga Desember 2020 ini.

Jokowi disebutnya bakal melakukan soft launching Pelabuhan Patimban pada kurun waktu tersebut. Namun, ia belum mau merinci kapan tanggal peresmian itu.

"Paling tidak minggu ketiga akan hadir pak Presiden di acara soft launching," kata Menhub Budi Karya di Pelabuhan Patimban beberapa waktu lalu.

Budi Karya menceritakan, Jokowi tak mau pengerjaan infrastruktur seperti Pelabuhan Patimban jadi terlambat meski di tengah pandemi Covid-19. Kendati begitu, RI 1 tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pengerjaannya.

"Pak Presiden katakan protokol kesehatan harus dilakukan, tapi pembangunan juga tidak boleh terlambat. Makanya diminta Desember, maka Desember ini kita lakukan," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Patimban Langsung Ekspor 140 Mobil ke Brunei usai Diresmikan 20 Desember 2020

Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat rencana diresmikan pada Minggu (20/12/2020) esok hari.

Jelang pelaksanaan soft launching, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan persiapan akhir guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

"Pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo di Jakarta, Sabtu (19/12/2020).

Agus mengungkapkan, pelaksanaan soft launching Pelabuhan Patimban ini rencananya akan diresmikan secara langsung esok hari.

Selain itu, bersamaan dengan kegiatan soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban juga akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari Pelabuhan Patimban berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit dengan menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

"Saat ini Kapal MV. Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban," kata Agus.

Sebagai informasi, Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

"Kami berharap dengan kehadiran Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional pada umumnya, serta bagi masyarakat di sekitar pada khususnya," tukas Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.