Sukses

Kembangkan Bisnis Ritel, Pertamina Gandeng Alfamart dan Alfamidi21

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina menggandeng Alfamart dan Alfamidi mengembangkan bisnis ritel Bright Store, pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di luar Pulau Jawa. Ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Direktur Pemasaran Regional Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Jumali mengatakan, kolaborasi bersama Alfamart berupa mini market ini melalui Program Co-Branding Bright by Alfamart Alfamidi.

Untuk tahap awal ditargetkan sebanyak 40 Bright Store di luar Pulau Jawa, secara bersamaan mulai diubah menjadi Bright by Alfamart dan Alfamidi yang mengacu kepada tiga outlet percontohan di wilayah Jabodetabek, serta 250 Alfamart di area SPBU Pertamina juga akan diubah menjadi Bright by Alfamart secara bertahap.

"Tahap selanjutnya untuk pengembangan Co-Branding ini bukan hanya di area SPBU Reguler melainkan untuk seluruh lembaga penyalur BBM seperti Pertashop” kata Jumali, di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Muhamad Haryo Yunianto mengungkapkan, kerjasama ini adalah bentuk pengembangan bisnis non fuel retail untuk meningkatkan pelayanan di seluruh jaringan SPBU, khususnya dalam bisnis minimarket.

"Pertamina berkolaborasi bersama Alfamart berdasarkan pengalaman dan profesionalitas Alfamart Grup dalam penyediaan serta distribusi barang kebutuhan sehari-hari, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi tentang kualitas serta ketersediaan barang di Bright by Alfamart dan Alfamidi,” jelas Muhamad.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk, Solihin menambahkan, SPBU akan menjadi fasilitas pelayanan satu kali perhentiang. Baik untuk memenuhi kebutuhan kendaraan seperti bahan bakar dan pelumas, maupun untuk kebutuhan sehari-hari dan bahan pokok masyarakat. Bright by Alfamart juga mengembangkan Bean Spot yang menyediakan makanan dan minuman siap saji

“Harapannya, dengan kerjasama ini bisa memberikan benefit bagi Pertamina dan Alfamart Grup. Sehingga upaya untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat dapat kami capai bersama-sama,” tutup Solihin.

2 dari 3 halaman

Sambut Libur Nataru, Pertamina Tambah Layanan di Tol Trans Jawa

Sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi selama hari raya natal dan tahun baru 2021 di tol Trans Jawa, Pertamina wilayah Jawa Bagian Tengah menyiapkan tambahan pelayanan mengingat jarak SPBU di beberapa ruas tol trans Jawa masih berjauhan.

Menurut Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah, Arya Yusa Dwicandra, Pertamina tetap menghimbau kepada konsumen untuk mengisi BBM full tank setiap menemukan SPBU di rest area tol trans Jawa. Namun, sebagai upaya antisipasi, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan penyaluran SPBU di beberapatitik tol trans Jawa.

“Saat ini, di wilayah ruas A (Jakarta menuju Surabaya) tol trans Jawa, terdapat SPBU regular di kilometer 379, 429 dan 519 serta di ruas B (Surabaya menuju Jakarta) di kilometer 519, 389, 360 dan 260. Pertamina regional JBT akan menambah layanan 8 unit pertashop yaitu di KM 252, 275, 338, 456 dan 519 pada ruas A serta KM 294, 456 dan 519 pada ruas B. Selain itu, kami juga menyiapkan 1 unit SPBU modular yang terletak di KM 282 ruas B,” ujar Arya.

Selain penambahan layanan di tol trans Jawa, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah juga menyiapkan 47 SPBU Kantong (Mobil Tangki kapasitas penuh yang disiagakan di SPBU) di titik-titik krusial seperti tempat wisata dan lainnya.

Sementara itu, untuk pelayanan LPG juga telah disiagakan agen dan pangkalan yang akan melayani konsumen selama periode SATGAS.

“Sebanyak 645 agen, 11.074 pangkalan LPG PSO dan 894 outlet Non PSO telah disiagakan untuk melayani kebutuhan pasokan konsumen selama SATGAS Pertamina hari raya natal dan tahun baru 2021 yang dimulai semenjak 7 Desember 2020 kemarin dan akan berakhir pada 11 Januari 2021 nanti. Jumlah tersebut terdiri dari 569 agen dan 10.911 pangkalan LPG PSO dan outlet NPSO di Jawa Tengah serta 76 agen dan 1.057 pangkalan LPG PSO dan outlet NPSO di DI Yogyakarta,” pungkas Arya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: