Sukses

Hindari Boros Saat Masih Jadi Mahasiswa, Begini 5 Siasatnya

Cata membatasi pengeluaran saat kuliah.

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting untuk membatasi jumlah uang saat masih menjadi mahasiswa. Mengambil beasiswa saat perguruan tinggi dapat membantu mengurangi biaya sekolah maupun dengan memanfaatkan semua opsi pendanaan yang ada.

Tersedia banyak bantuan uang dalam jumlah besar yang tersedia saat kuliah. Anda bisa mendapatkan pinjaman melalui program yang disponsori pemerintah, baik bersubsidi maupun tidak bersubsidi. Selain itu, dapat melakukan peminjaman melalui perusahaan swasta.

Pinjaman ini datang dengan suku bunga dan biaya yang lebih tinggi. Perlu disadari bahwa Anda harus membayar kembali setiap rupiah yang dipinjam. Selain itu, juga harus membayar bunga atas uang pinjaman tersebut.

Ini tentu akan membatasi apa yang dapat dilakukan dengan uang Anda di masa depan. Penting untuk memantau pengeluaran kuliah dengan cermat dan untuk menghindari 5 kesalahan umum penggunaan keuangan saat di perguruan tinggi.

Melansir dari the balance, berikut 5 cara untuk membatasi pengeluaran selama kuliah. 

1. Pilih Perguruan Tinggi yang Terjangkau

Anda dapat membatasi jumlah yang dibelanjakan dengan memilih perguruan tinggi dengan tarif sekolah yang lebih rendah.

Ada sekolah negeri unggulan yang menawarkan biaya sekolah dalam negeri yang jauh lebih rendah. Ini akan menghemat banyak uang.

Penting untuk disadari bahwa pendidikan adalah apa yang Anda peroleh darinya. Janganlah merasa gengsi, karena perguruan tinggi mana pun adalah baik. Tinggal bagaimana Anda dapat berkembang didalamnya.

2. Pekerjaan Sampingan

Cara lain untuk bisa mengatur keuangan adalah dengan bekerja selama berkuliah. Jika memutuskan untuk bekerja, ini akan memberi Anda lebih sedikit waktu untuk membelanjakan uang yang diperoleh dan meningkatkan daya tabungan. 

Simpan persentase yang baik setiap bulan untuk membantu menutupi biaya sekolah dan biaya kuliah lainnya.

3. Cari Perusahaan yang mau Membiayai Kuliah

Selain bekerja, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan yang akan membiayai kuliah. Ini bagus karena Anda tidak perlu khawatir tentang biaya sekolah sama sekali. 

Atasan akan meminta bekerja di perusahaan untuk jangka waktu tertentu setelah lulus. Ini bisa berkisar dari satu sampai tiga tahun. Mereka hanya ingin investasi yang mereka lakukan terbayar. 

Selain itu, Anda dapat memperoleh pengalaman kerja di bidang yang direncanakan untuk bekerja.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Hidup Seperti Murid

Anggarkan uang dan hiduplah seperti seorang pelajar sekolah. Banyak siswa menghabiskan banyak uang saat mereka kuliah.

Salah satu manfaat terbesar menjadi mahasiswa adalah kebebasan yang Anda miliki. Nikmatilah, tetapi batasi pengeluaran. 

Anda bisa bersenang-senang tanpa bangkrut. Namun, harus melihat pilihan tempat tinggal perguruan tinggi dan memilih yang paling terjangkau untuk tinggal di dalam atau di luar kampus. Dapat pula bekerja untuk mengurangi jumlah yang dikeluarkan untuk biaya hidup setiap bulan.

5. Pertahankan Nilai

Aktiflah dalam menjalani setiap tahunnya. Penting untuk mempertahankan nilai karena ini dapat menghemat uang untuk biaya sekolah. 

Ajukan permohonan untuk setiap beasiswa yang berhak Anda dapatkan setiap tahun. Bahkan beasiswa parsial dapat menghemat uang sekarang dan di masa depan. Ini dapat membantu mengurangi jumlah yang Anda butuhkan untuk bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.