Sukses

Harga Minyak Naik Tiga Minggu Berturut Turut

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak menguat pada hari Jumat, dan membukukan kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. Ini didukung oleh uji coba vaksin COVID-19 yang berhasil. Tetapi penguncian baru di beberapa negara untuk membatasi penyebaran virus membatasi keuntungan.

Prospek vaksin COVID-19 yang efektif dan harapan OPEC dan sekutunya akan mengendalikan produksi telah mendukung pasar minyak minggu ini.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (21/11/2020), harga minyak mentah berjangka Brent naik 59 sen, atau 1,3 persen, menjadi USD 44,79 per barel. Kontrak WTI untuk Desember, yang berakhir pada hari Jumat, ditutup 41 sen, atau 0,98 persen, lebih tinggi pada USD 42,15 per barel.

Kedua tolak ukur tersebut naik lebih dari 4 persen sepanjang minggu ini.

"Kekhawatiran tentang permintaan, yang telah membebani harga sejak musim semi, sekarang memberi jalan kepada harapan pemulihan ekonomi, sebagian berkat peluncuran vaksin yang akan segera terjadi," kata Commerzbank.

Harga juga mendapat dukungan dari ekspektasi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan OPEC +, akan menunda peningkatan produksi yang direncanakan.

Kelompok itu, yang bertemu pada 30 November dan 1 Desember, sedang mencari opsi untuk menunda setidaknya tiga bulan dari Januari pengurangan penurunan 7,7 juta barel per hari (bph) mereka sekitar 2 juta barel per hari.

"Asumsi pengalihan pemotongan saat ini oleh OPEC + ke Q1 2021 mungkin pada harga hari ini USD 44 / barel," kata bank Nordik SEB.

Harga minyak mendapat beberapa dukungan dari tanda-tanda pergerakan pada kesepakatan stimulus di Washington setelah Pemimpin Mayoritas Republik Senat AS Mitch McConnell setuju untuk melanjutkan diskusi tentang memberikan lebih banyak bantuan COVID-19 ketika kasus melonjak di seluruh Amerika Serikat.

Kekhawatiran kelebihan pasokan, bagaimanapun, terus membebani karena Libya telah meningkatkan produksi ke tingkat pra-blokade 1,25 juta barel per hari.

2 dari 3 halaman

OPEC Bakal Tunda Peningkatan Produksi, Harga Minyak Naik

Harga minyak menguat lebih dari 1 persen pada hari Rabu di tengah harapan OPEC dan sekutunya akan menunda rencana peningkatan produksi minyak.

Selain itu, naiknya harga minyak juga dipengaruhi sentimen Pfizer mengatakan vaksin COVID-19 lebih efektif daripada yang dilaporkan sebelumnya.

Dikutip dari CNBC, Kamis (19/11/2020), harga minyak mentah Brent naik 70 sen, atau 1,6 persen menjadi USD 44,45 per barel.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS menetap 39 sen lebih tinggi pada tertinggi 11-minggu di USD 41,82 per barel.

Harga minyak juga didukung oleh kenaikan stok minyak mentah AS yang lebih kecil dari perkiraan minggu lalu.

Kedua kontrak melonjak sekitar USD 1 setelah Pfizer Inc mengatakan bahwa hasil akhir dari uji coba tahap akhir vaksinnya menunjukkan 95 persen efektif. Minggu lalu telah menempatkan kemanjuran lebih dari 90 persen.

Moderna Inc pada hari Senin mengatakan bahwa data awal untuk vaksinnya juga menunjukkan hampir 95 persen efektif.

“Harga minyak hari ini sedikit meningkat di tengah harapan bahwa OPEC + akan memutuskan untuk menunda kenaikan produksi yang direncanakan pada bulan Januari dan karena euforia vaksin terbaru,” kata kepala pasar minyak Rystad Energy, Bjornar Tonhaugen.

Untuk mengatasi permintaan energi yang lebih lemah di tengah gelombang kedua pandemi, Arab Saudi meminta sesama anggota kelompok OPEC + agar fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pasar dan siap menyesuaikan kesepakatan mereka tentang pengurangan produksi.

OPEC +, yang terdiri dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak, Rusia dan produsen lainnya, bertemu pada hari Selasa tetapi tidak membuat rekomendasi resmi. Kelompok itu akan membahas kebijakan pada pertemuan tingkat menteri penuh yang akan diadakan pada 30 November dan 1 Desember.

Anggota OPEC + cenderung menunda rencana saat ini untuk meningkatkan produksi pada Januari sebesar 2 juta barel per hari (bph), kata sumber. Mereka sedang mempertimbangkan kemungkinan penundaan selama tiga atau enam bulan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: