Sukses

Cara Tepat Menabung biar Tak Jatuh Miskin di Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta Hal tersulit dalam hidup adalah tentang ketekunan dalam menabung. Berikut panduan langkah-langkah tentang cara menabung yang dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis.

Sehingga Anda dapat menabung untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang dilansir dari laman bettermoneyhabits, Selasa (17/11/2020). Apa saja?

1. Catat pengeluaran 

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang hendak Anda belanjakan. Pantau semua pengeluaran yang dibutuhkan dan jumlah uang yang terpakai.

Setelah memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan, dan lainnya lalu jumlahkan. Gunakan kartu kredit dan laporan mutasi bank Anda untuk memastikan keakuratannya jika melakukan transaksi menggunakan kartu. Catatlah secara detail.

2. Anggaran untuk tabungan

Setelah memiliki gambaran tentang apa yang ingin dibelanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai mengatur pengeluaran yang tercatat menjadi anggaran yang bisa diterapkan.

Anggaran harus menguraikan bagaimana pengeluaran serta mengukur pendapatan sehingga Anda dapat merencanakan pengeluaran dan membatasi pengeluaran yang berlebihan.

Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara teratur. Sertakan kategori tabungan yang bertujuan untuk menabung 10 sampai 15 persen dari penghasilan.

3. Temukan cara untuk memangkas pengeluaran

Jika pengeluaran sangat tinggi dan Anda tidak dapat menabung sebanyak yang diinginkan, mungkin inilah saatnya untuk menguranginya. Identifikasi hal-hal tidak penting yang dapat dihemat, seperti hiburan dan makan di luar.

Beberapa ide untuk memangkas pengeluaran sehari-hari misalnya dengan menggunakan sumber daya seperti daftar acara komunitas untuk menemukan acara gratis untuk mengurangi pengeluaran hiburan.

Berkomitmen untuk makan di luar hanya sebulan sekali. Beri diri Anda "masa tenang" ketika tergoda untuk membeli barang yang tidak penting.

 

 

2 dari 4 halaman

4. Tentukan skala prioritas

Setelah pengeluaran dan pendapatan, tujuan cenderung berdampak sangat besar pada bagaimana Anda mengalokasikan tabungan. Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang karena penting bahwa perencanaan untuk masa pensiun tidak mengurangi kebutuhan jangka pendek.

5. Tetapkan tujuan tabungan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan untuk apa Anda ingin menabung, mungkin akan menikah, merencanakan liburan, atau menabung untuk masa pensiun. Kemudian cari tahu berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyimpannya.

6. Jadikan penghematan otomatis

Hampir semua bank menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan. Anda dapat memilih kapan, berapa banyak dan di mana untuk mentransfer uang.

Atau bahkan membagi setoran langsung sehingga sebagian dari setiap gaji masuk langsung ke rekening tabungan yang Anda pilih. Jangan sampai salah memilih tempat yang akan dijadika wadah untuk menabung.

 

3 dari 4 halaman

7. Perhatikan pertumbuhan tabungan

Tinjau anggaran dan periksa kemajuannya setiap bulan. Ini tidak hanya akan membantu Anda untuk tetap berpegang pada rencana tabungan pribadi, tetapi juga membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat.

Memahami cara menghemat uang bahkan dapat menginspirasi Anda untuk menemukan lebih banyak cara untuk menabung dan mencapai tujuan yang direncanakan lebih cepat.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini