Sukses

Tips Kelola Keuangan di Tengah Pandemi biar Tak Bokek

Pandemi belum berakhir dan finansial tentunya terganggu, akan tetapi Anda bisa mengubah kebiasaan finansial secara sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua kembali ke dasar. Cara terbaik untuk melewati pandemi virus corona adalah dengan menyimpan dana darurat Anda dan belajar melakukannya sendiri beberapa pekerjaan rumah tangga sehingga dapat menghemat pengeluaran. 

Satu titik terang, Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu luang.

Melansir dari CNBC, Minggu (7/11/2020) hal yang dapat dilakukan ketika pandemi yang tak kunjung berhenti, Anda dapat berpikirlah dengan optimis. Anda dapat belajar dengan menyimpan uang tunai dan menetapkan anggaran bencana untuk masa-masa sulit.

Jika selama ini Anda menunda memikirkan uang, sekaranglah waktunya untuk mendedikasikan jam ekstra dalam seminggu - tidak ada lagi perjalanan pulang pergi, tidak ada lagi pekerjaan yang terburu-buru di pagi hari - untuk menopang keuangan Anda .

 Atasi kepanikan dan mengambil kendali

Tahan panik dengan melihat ke depan, kata Sasha Hutchison, seorang manajer akuntansi dan  blogger keuangan pribadi  di Austin, Texas.

Lihatlah kekayaan bersih Anda, apa dapat berutang, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang tunai sekarang. Hal ini membantu merasa lebih memegang kendali.

Ketika Hutchison mengatakan untuk melihat segalanya, dia berarti segalanya. Rekening tabungan kesehatan atau rekening pengeluaran fleksibel melalui pekerjaan Anda dapat membantu membayar perawatan kesehatan. 

Berapa banyak uang tunai yang Anda miliki? Apa yang ada di portofolio Anda, meski menyusut? Mungkin ini saat yang sulit untuk menagih dari siapa pun yang berutang uang kepada Anda - tetapi tetap senang mengetahui bahwa uang itu ada di luar sana.

Kartu kredit cash-back bisa menjadi sumber lain. Bahan makanan dan bahan bakar membantu mengumpulkan poin dengan cepat

Bantal uang tunai 

Sebuah dana darurat lebih penting daripada sebelumnya. Dalam satu minggu di bulan Maret, banyak hal berubah hampir setiap hari.

Anda tidak akan pernah menyesal memiliki tabungan darurat selama memiliki kesempatan.  

Ketika segala sesuatunya kembali seperti semula, Anda dapat menggunakan tumpukan uang tunai itu untuk melunasi hutang atau untuk sesuatu yang ingin Anda lakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Anggaran untuk masa-masa sulit

Punya anggaran? Itu hebat. Sekarang mungkin saat yang tepat untuk membuat dan menggunakan versi darurat.

Menurut Heather Albrecht, seorang  pelatih keuangan  di Hartford, Vermont, yang terbaik  adalah membuat rencana ini sebelum membutuhkannya. Jauh lebih mudah bila Anda tidak mencari sesuatu untuk dipotong di bawah tekanan. Tuliskan, sehingga dapat menariknya keluar dan melihat rencana yang telah Anda buat.

Kemewahan kecil apa yang ingin Anda simpan? Tanpa apa Anda bisa hidup? Semakin banyak Anda memotong, semakin lama dapat menabung.

“Jadilah kejam,” kata Albrecht. “Anda selalu dapat menambahkan hal-hal jika Anda merasa tidak dapat hidup tanpanya.”

Banyak orang melakukan outsourcing untuk segala hal, mulai dari membersihkan rumah hingga pekerjaan halaman hingga layanan pengiriman.

Keterampilan praktis ini adalah cara terbaik untuk menabung.

Di dunia sebelum Covid-19, orang beralih ke profesional karena mereka sibuk dan tertekan.

Tetapi lebih banyak waktu di rumah berarti lebih sedikit alasan untuk menghindari belajar memasak, membersihkan, menghemat, menggunakan kembali.

Menggunakan apa yang ada di sekitar secara gratis daripada membeli. Hidup sederhana adalah cara yang baik untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

 

Reporter: Erna Sulistyowati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini