Sukses

Banyak Peserta Kartu Prakerja Manfaatkan Sertifikat Hasil Pelatihan untuk Daftar Kerja

Hasil survey kepada peserta pelatihan kartu Prakerja menemukan banyak peserta yang menggunakan sertifikat hasil pelatihan untuk melamar pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hasil survey kepada peserta pelatihan kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menemukan banyak peserta yang menggunakan sertifikat hasil pelatihan untuk melamar pekerjaan.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari dalam diskusi virtual, Selasa (15/9/2020). Dengan demikian, Denni menilai adanya kredibilitas dari sertifikat pelatihan kartu prakerja.

“Mayoritas melampirkan sertifikat pelatihan yang diperoleh dari program kartu prakerja untuk melamar atau untuk mendaftar. Jadi itu juga menunjukkan bahwa ada credibility yang dibawa oleh pelatihan program kartu prakerja,” kata dia.

Adapun jenis pelatihan yang paling diminati adalah wirausaha. Di posisi kedua yang paling diminati adalah makanan dan minuman. “Kemudian, ketiga penjualan dan pemasaran. Jadi pemasaran dan penjualan online editing video itu termasuk yang digemari. Yang keempat adalah gaya hidup, seperti fotografi tata rias,” sebut Denni.

Selanjutnya ,ada bahasa asing. Dalam hal ini yang paling diminati adalah bahasa inggris, lalu ada bahasa mandarin dan bahasa korea.

Di nomor lima, pelatihan yang paling diminati adalah terkait dengan pengembangan diri dan karir. Seperti teknik wawancara dan teknik melamar kerja. Dan yang ketujuh dari top pelatihan paling diminati adalah teknologi informasi. Seperti graphic design, pelatihan coding.

“Itu ada juga yang pelatihannya sampai dengan 30 hari untuk kemudian kalau mendapatkan sertifikat lulus dari pelatihan itu,” tukas Denni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mau Lolos jadi Peserta Kartu Prakerja? Ini Cara Jitunya

Kartu Prakerja menjadi salah satu program pemerintah yang banyak diminati. Hal ini terbukti dengan jumlah pendaftar yang terus membludak di tiap gelombangnya. Teranyar, pada gelombang 8 yang dibuka sejak Kamis (10/9) lalu, jumlah pendaftar tercatat mencapai lebih dari 4 juta orang.

“Sampai (minggu) siang sudah ada lebih dari 4 juta pendaftar,” dikutip dari keterangan Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, Senin (14/9/2020).

Untuk dapat mengikuti program Kartu Prakerja, Anda hanya perlu memenuhi sejumlah syarat. Diantaranya, calon pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Selanjutnya, daftarkan diri Anda, bisa secara online maupun offline. Untuk online, maka peserta dapat mendaftar melalui laman: https://www.prakerja.go.id dan mengisi seluruh data yang diminta.

Sementara, bagi yang ingin melakukan pendaftaran Kartu Prakerja secara offline, dapat mendaftar melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan. Pemohon bisa datang ke instansi tersebut dan mengisi formulir sama dengan format isian yang ada pada pendaftaran online.

Selanjutnya, peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima sebagai peserta Kartu Prakerja gelombang 6 atau tidak yang akan diberitahukan melalui notifikasi SMS dan dapat dicek pada dashboard akun Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja Anda gagal terus? Ini yang harus Anda lakukan:

Pertama, Pastikan Anda sudah mengisi seluruh data diri secara lengkap dan benar. “Untuk mereka yang mencoba mendaftar tetapi gagal, pastikan bahwa nomor NIK dan KK sudah dimasukkan dengan benar,” kata Louisa.

Bila masih belum bisa mendaftar, Anda bisa bertanya seputar nomor NIK dan KK yang Anda gunakan dengan menghubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538 atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat di kotamu.

Kedua, pastikan nomor handphone yang Anda daftarkan aktif dan sudah melakukan eKYC untuk e-wallet yang dipilih. Kalau ada yang mau mengganti nomor handphone bisa lihat caranya di https://www.prakerja.go.id/blog/tutorial-mengganti-nomor-handphone-di-prakerja.

Ketiga. Bukan hanya nomor handphone, pastikan juga Anda memasukkan nomor rekening bank yang Anda gunakan dengan benar. Jika ingin mengganti nomor rekening, Anda dapat melihat caranya di https://www.prakerja.go.id/blog/tutorial-rekening-kartu-prakerja.

Sudah memenuhi semua syarat dan melengkapi data yang diminta, tapi belum lolos juga? Jangan patah arang. Ada kabar gembira bagi Anda yang yang sudah 3 kali mencoba bergabung ke berbagai gelombang Kartu Prakerja, tetapi belum berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja.

Melansir dari laman instagram @prakerja.go.id, Kamis (10/9/2020), Anda dapat mengadukan masalah tersebut ke Kartu Prakerja, caranya:

1. Buat surat pernyataan gagal 3 kali

2. Isi surat dengan benar dan kirim lewat email ke kepesertaan@prakerja.go.id

3. Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Selain itu, Anda yang belum terpilih juga tetap bisa mencoba bergabung dalam Gelombang berikutnya.

Sebagai informasi, pendaftaran kartu Prakerja gelombang 8 akan ditutup siang ini pukul 12.00 WIB. Jadi, tunggu apa lagi. Segera daftarkan diri Anda sekarang juga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.