Sukses

5 Hal yang Harus Dimiliki saat Masih Kerja dari Rumah

Pekerjaan jarak jauh akan berkembang di masa sekarang dan masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan jarak jauh akan berkembang di masa sekarang dan masa mendatang. Dengan banyak perusahaan mengumumkan perpanjangan pekerjaan dari rumah (work from home/wfh) hingga setidaknya akhir tahun 2020.

Jelas bahwa ini bukan hanya tren. Untuk berhasil dan berkembang dalam lingkungan kerja dengan jarak jauh, baik karyawan dan pemimpin perlu fokus pada pengembangan lima keterampilan ini, dilansir dari laman Forbes.com, Jumat (14/8/2020).

1. Kuatkan Komunikasi tertulis 

Ketika tim bekerja dari jarak jauh, setidaknya setengah dari semua komunikasi dilakukan melalui tulisan daripada berbicara. Ini berarti berkomunikasi melalui email, atau mengirim pesan teks.

Bahkan berlaku untuk menggunakan fungsi obrolan saat Anda sedang melakukan panggilan video. Anda harus dapat berkomunikasi dengan jelas, apa pun platform yang Anda gunakan.

Selalu periksa ejaan, tata bahasa, dan tanda baca serta koreksi email sebelum mengirimnya. Anda juga ingin memastikan Anda menggunakan tingkat formalitas dan nada yang tepat, tergantung pada siapa Anda berkomunikasi.

2. Kolaborasi

Bekerja dari jarak jauh bukan berarti bekerja sendiri. Anda masih akan menjadi bagian dari tim, yang berarti bekerja dengan rekan kerja di proyek dan tugas. Tanpa ruang fisik untuk berkumpul, kolaborasi bisa sedikit lebih menantang.

Keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi berjalan seiring, karena komunikasi memainkan peran besar dalam kolaborasi yang sukses.

Temukan cara efektif saat melakukan rapat video, panggilan telepon, dan pesan yang tepat untuk memastikan komunikasi yang memadai tetapi tidak berlebihan.

Manfaatkan alat-alat seperti perangkat lunak manajemen proyek, dokumen dan folder bersama, dan saluran khusus di mana orang dapat dengan mudah mengobrol satu sama lain dan menemukan informasi.

3. Fokus

Bekerja dari rumah berarti selalu ada gangguan. Mulai dari hewan peliharaan, anak-anak hingga kebisingan dari teman sekamar atau tetangga Anda, hampir tidak mungkin menemukan ruang yang bebas gangguan 100 persen.

Kemampuan Anda untuk fokus pada gangguan-gangguan ini adalah keterampilan yang tak ternilai. Pertahankan fokus Anda dengan menghalangi beberapa gangguan visual dan suara.

Anda bisa menggunakan headphone peredam bising, seperti kekuatan ruang kerja yang terorganisir. Hapus sebanyak mungkin kekacauan dari ruang Anda sehingga fokus Anda hanya pada pekerjaan Anda.

Terimalah kenyataan bahwa akan ada gangguan dan jangan memikirkan gangguan saat itu terjadi. Putuskan apakah gangguan tersebut membutuhkan perhatian segera, atau jika dapat diatasi nanti maka segera alihkan fokus Anda kembali bekerja.

 

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Manajemen waktu

Kemampuan untuk mengelola waktu Anda sendiri dengan sukses adalah keterampilan yang sangat berharga untuk dimiliki, menguntungkan diri sendiri dan atasan.

Saat bekerja dari rumah, Anda tidak memiliki rekan kerja yang melihat dari balik bahu atau dorongan yang muncul karena mengetahui bahwa manajer dapat berjalan setiap saat. Terserah Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan dan memastikan untuk menyelesaikan semua yang ditugaskan.

Jika Anda kesulitan dalam mengelola waktu, cobalah aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan melacak waktu Anda. Blokir waktu-waktu tertentu dalam sehari untuk didedikasikan sebagai jam fokus, tempat Anda mengerjakan satu tugas penting pada satu waktu.

Jangan biarkan diri Anda teralihkan dengan email atau pemberitahuan Handphone. Cobalah bekerja dalam kecepatan di mana Anda bekerja untuk jangka waktu tertentu.

Kemudian istirahat sejenak sebelum mengulangi siklus kerja, eksperimen untuk menemukan metode kerja yang paling cocok untuk Anda.

5. Kemampuan beradaptasi

Pekerjaan jarak jauh menawarkan banyak fleksibilitas, tetapi fleksibilitas itu lebih dari sekadar memilih jam kerja dan lokasi kerja Anda. Ini berarti bahwa Anda harus siap untuk beradaptasi dengan cara kerja yang baru, dan situasi yang tidak terduga.

Anda mungkin bekerja dengan kolega yang berada di zona waktu berbeda yang mempengaruhi tenggat waktu, kapan rapat dapat dijadwalkan, dan bahkan ketika Anda bisa menghubungi kolega tersebut.

Jika Anda ditugaskan untuk bekerja dengan tim baru, Anda mungkin harus beradaptasi dengan cara tim itu bekerja. Tantangan tak terduga juga muncul seperti masalah internet atau wifi, masalah server, dan login tidak berfungsi.

Bersiaplah untuk situasi ini, ketahui siapa yang harus dihubungi untuk menyelesaikannya, dan miliki rencana cadangan. Terkadang diperlukan sedikit pemecahan masalah kreatif untuk menemukan solusi, tetapi itu semua adalah bagian dari kemampuan beradaptasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.