Sukses

Jangan Patah Arang, Anda Masih Bisa Membangun Karier dan Bisnis di Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi warga dunia. Dampaknya tak hanya pada sektor kesehatan dan ekonomi tetapi juga merambat ke hal lain, di seluruh dunia.

Sebagai konsekuensi dampak ekonomi, banyak jutaan orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini.

Bahkan menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), memperkirakan bahwa 1,25 miliar pekerja, yang mewakili hampir 38 persen dari tenaga kerja global, dipekerjakan di sektor-sektor yang sekarang menghadapi penurunan parah dalam output, risiko tinggi pemindahan tenaga kerja.

Lalu apa yang harus perbuat, jika Anda salah satu dari yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Atau yang terancam bisnisnya.

Atau mungkin Anda termasuk yang baru lulus dari universitas yang sulit mencari kerja di tengah situasi saat ini.

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui untuk membangun karier dan bisnis di masa pandemi, dilansir dari laman Entrepreneur.com, Rabu (15/7/2020).

1. Mempertimbangkan dan mencari tahu informasi

Akan ada beberapa pertanyaan, seperti bagaimana industri dan pekerjaan terpengaruh pandemi? Apa implikasi jangka pendek dan jangka panjang dari virus untuk industri , baik secara lokal maupun internasional?

Oleh karena itu, Anda harus giat mencari informasi. Baik itu dari media sosial, maupun dari media massa seperti koran, media online, televisi, dan radio.

Karena dengan rajin mencari informasi dari berbagai sumber, maka Anda akan tahu keadaan saat ini pekerjaan apa yang cocok untuk Anda, dan pekerjaan apa yang sangat diminati atau dibutuhkan saat ini.

Selain itu, jika Anda telah mendapatkan pekerjaan, juga harus mempertimbangkan kembali apakah bisa menyesuaikan dengan keadaan saat ini. Anda harus kuat dan mampu beradaptasi.

2. Pelajari keterampilan baru

Meskipun mempelajari keterampilan baru selalu penting dan bermanfaat, ini juga membuat Anda menyadari dan memprioritaskan keterampilan dan alat yang paling diminati, baik selama dan setelah pandemi.

Jika Anda bingung, keterampilan apa yang perlu diasah, bisa mengikuti dan mencoba berbagai pelatihan online yang gratis atau berbayar. Sehingga Anda bisa mengembangkan keahlian baru, atau mengembangkan keahlian lama supaya lebih ahli lagi.

 

2 dari 3 halaman

3. Cermat dalam melihat peluang

Setelah Anda mencari informasi mengenai pekerjaan, juga harus cermat melihat peluang lain. Misalnya membuka usaha, atau menjadi reseller dengan berjualan secara online, misalnya menjual masker, Alat Pelindung Diri (APD) dan sebagainya.

Selain itu, jika Anda ingin melamar kerja ke perusahaan. Maka Anda juga perlu cermat dalam mempersiapkan diri Anda, seperti menyiapkan CV, dan memantaskan diri dengan banyak belajar seperti pelatihan dan lainnya.

4. Usahakan fokus

Bagaimana Anda tetap fokus dan berenergi selama periode ini? Anda memang akan melalui masa-masa yang luar biasa, dan yang secara mental menantang di berbagai bidang. Termasuk kesehatan, keluarga, dan hubungan pribadi lainnya, tantangan keuangan, dan banyak lainnya.

Namun yang terpenting bahwa Anda menyadari tantangan yang dihadapi, dan memiliki rencana untuk menghadapinya, dan tidak membiarkan berlama-lama dalam kondisi yang sama.

Usahakan menjaga kesehatan, misalnya dengan menjaga pola tidur, makan-makanan yang bernutrisi, serta olahraga.

Demikian, Anda juga harus melatih diri dan menyiapkan mental untuk apa yang harus dilakukan. Kemudian apakah Anda siap secara mental untuk kegagalan atau tantangan yang mungkin ditemui dalam perjalanan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: