Sukses

Belum Pernah Membuat Rencana Keuangan? Ini Cara Mulai

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola keuangan memang tak mudah, tetapi juga tak begitu sulit. Sebenarnya mengelola keuangan tersebut hanya masalah kebiasaan. Contohnya kebiasaan menabung, kebiasaan mengalokasikan dana. 

Nah, memulai kebiasaan tersebut akan menjdi dasar untuk mengelola keuangan untuk mencapai kesehata atau kesuksesan finansial. Mengelola keuangan ini sangat penting karena bisa mencegah bingung dikemudian hari. Bingung cari uang untuk pendidikan anak, bingung cari uang untuk memugar rumah dan lainnya. 

Berikut panduan bagi pemula untuk mengelola keuangan, agar Anda bisa sukses dalam hal finansial, dilansir dari laman The Balance, Rabu (8/7/2020):

1. Menabung vs Berinvestasi

Ada perbedaan besar antara menabung dan berinvestasi. Baik menabung dan menginvestasikan uang memiliki tempat yang sama dalam hidup Anda, tetapi memainkan peran yang sangat berbeda.

Bagaimana Anda menangani ini dapat memiliki implikasi besar bagi kesuksesan finansial Anda, tingkat stres, dan seberapa kaya Anda pada akhirnya.

Menyimpan uang adalah proses memarkir uang tunai dalam rekening yang sangat aman yang dapat diakses, atau diambil dalam waktu yang sangat singkat.

Menginvestasikan uang adalah proses menggunakan uang atau modal Anda, untuk membeli aset yang menurut Anda memiliki probabilitas yang baik, untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang aman dan dapat diterima dari waktu ke waktu, meskipun mungkin menurun selama bertahun-tahun. Biasanya ini berarti saham, obligasi, dan real estat.

 

2 dari 6 halaman

2. Pikirkan Masa depan

Jika Anda berkomitmen untuk menabung, Anda mungkin akan terjebak dalam perangkap menghabiskan penghasilan untuk dipakai untuk berbagai kebutuhan. Namun hal itu tergantung pada usia Anda.

Tips menghemat uang ini dapat membantu Anda mengubah pengelolaan keuangan Anda. Untuk 10 tahun ke depan saat Anda membebaskan uang tunai untuk dimasukkan ke dalam cadangan tabungan.

Semakin lama uang Anda harus tumbuh, semakin baik untuk Anda.

 

3 dari 6 halaman

3. Tabung Semampu Anda

Semua orang tahu menabung harus menjadi prioritas utama, dan kebanyakan orang cukup pintar untuk mencari kiat menabung, tetapi berapa banyak orang yang tahu berapa banyak uang yang harus mereka tabung?

Kebanyakan orang secara keliru percaya bahwa menabung lebih banyak lebih baik, menabung lebih sedikit itu buruk.

Walaupun hal itu berlaku secara umum, tergantung pada kebutuhan, preferensi gaya hidup, dan penghasilan Anda, jumlah uang yang Anda butuhkan untuk ditabung dan tersedia saat terjadi peluang darurat, atau emas bisa sangat berbeda dari teman, keluarga, dan Anda. tetangga.

Aturan umum adalah memiliki 3 hingga 6 bulan biaya hidup yang disimpan dalam akun yang mudah diakses.

 

4 dari 6 halaman

4. Penuhi Kebutuhan Anda dahulu

Satu-satunya cara terbaik untuk mulai menabung adalah menggunakan teknik yang disebut "bayar diri Anda terlebih dahulu." Teknik ini telah terbukti berulang kali menyebabkan orang mengubah perilaku mereka.

Sederhananya, itu menetapkan disiplin untuk menempatkan sejumlah tertentu dari setiap gaji, menjadi tabungan untuk masa depan Anda sebelum Anda membayar tagihan lainnya.

 

5 dari 6 halaman

5. Potong pengeluaran

Terkadang, menabung bisa sulit. Hidup sering mengalami peristiwa tak terduga yang menghambat jadwal dan rutinitas tabungan kita.

Jika Anda berjuang menuju kebebasan finansial, ada cara untuk membuat menabung dan berinvestasi lebih mudah.

Cobalah membuat permainan dengan mencari cara untuk menghabiskan uang lebih sedikit setiap bulan. Anda bisa berjalan pulang daripada naik bus. Atau pesan air mineral bukan teh atau kopi.

Lalu siapkan transfer otomatis dari akun giro Anda ke akun investasi atau tabungan. Lakukan hal yang sama dengan gaji Anda. Atau gunakan aplikasi, untuk membantu Anda menyimpan secara otomatis. 

6 dari 6 halaman

6. Berinvestasi dan Cari kerja sampingan

Jika Anda ingin tahu cara menjadi kaya, sejarah telah menunjukkan berinvestasi dalam bisnis yang baik adalah tempat yang baik untuk memulai. Namun, Anda harus memiliki uang untuk berinvestasi dalam bisnis ini, yang berarti menabung.

Untuk membantu Anda mulai menabung hari ini, ubah kebiasaan Anda. Jika Anda menggunakan kartu kredit, lunasi saldo penuh setiap bulan dan temukan kartu yang memberi Anda poin untuk pembelian yang dapat digunakan untuk mendapatkan uang kembali.

Ambil pekerjaan sampingan dan gunakan penghasilan itu untuk investasi Anda. Internet menawarkan banyak cara untuk menyediakan layanan freelance.