Sukses

Jangan Dicuekin, Sambut Karyawan Baru di Tim Kerja dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Saat ada karyawan baru yang bergabung di perusahaan, kebanyakan pasti akan senang menyapanya terlebih dulu. Meski tentu saja, dengan adanya karyawan yang baru bergabung, tanggungjawab Anda tentu ikut bertambah.

Terlebih, jika Anda yang mendapatkan tanggungjawab membimbingnya bersamaan dengan waktu kerja. Setidaknya, yang bisa Anda lakukan adalah memastikan ia memang nyaman bekerja di perusahaan barunya.

Nah, jika Anda mengenal lebih dekat dan mengetahui kemampuannya lebih jauh, berikut 3 langkah yang bisa Anda coba seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (7/7/2020):

1. Menyapa dan mengenalkan diri

Pertama, tentu saja Anda harus menyapanya. Tak hanya mengenalkan diri pribadi, Anda bisa mengenalkan karyawan lain di tim.

Dengan mengenal timnya, ia akan lebih mudah berkomunikasi dan bertanya jika ada yang belum diketahui.

 

2 dari 3 halaman

Tips Lain

2. Mengajaknya bergabung makan siang

Tentu saja tak ada karyawan baru yang senang makan siang sendirian. Anda bisa mengajaknya makan siang bersama dengan karyawan lain saat istirahat.

Tentu saja Anda tidak boleh memaksa kalau dia tidak tertarik. Kalau ia bergabung, maka Anda bisa sekaligus mengenalkannya dengan karyawan lain.

3. Berikanlah bantuan jika diperlukan

Jangan pernah bersikap arogan pada karyawan baru. Ego dan tinggi hati dapat berdampak negatif pada kemampuan kerja Anda. Karena ia masih karyawan baru, Anda harus membantu beberapa hal terkait pekerjaannya dan apa yang perusahaan harapkan dari tim Anda.

Meski Anda harus tenang dan membantunya, jangan sampai ia menjadi bergantung pada Anda untuk setiap hal.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: