Sukses

Pengembang Tanjung Bunga dan Siloam Gelar Rapid Test untuk Air Crew Lanud Sultan Hasanudin

Kerja sama Pengembang Tanjung Bunga dan Siloam sangat mendukung pengendalian penyebaran virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Pengembang kawasan Tanjung Bunga yaitu PT Goa Makassar Tourism Development Corp Tbk bersama dengan RS Siloam Makassar melakukan rapid test massal kepada seluruh personil awak pesawat (air crew) yang bertugas di pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin, Makassar.

Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin berperan besar dan menghadapi tantangan berat di garda depan dalam kelancaran pelayanan penerbangan, dan logistik udara di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Pihak swasta memiliki kesempatan berbagi dalam sumber daya dan pengetahuan berbeda sebagai wujud kerja sama di lapangan.

Dengan adanya pandemi Corona dan penyebaran infeksi di Sulawesi Selatan, dan demi mempertahankan pelayanan Pangkalan TNI AU  Lanud Sultan Hasanuddin serta upaya pemutusan mata rantai penyebaran infeksi, Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin membutuhkan dan hendak melakukan rapid test Covid-19 terhadap 250 personel.

 

Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI  H. Haris Haryanto, mengatakan, kerja sama Pengembang Tanjung Bunga dan Siloam ini sangat mendukung pengendalian penyebaran virus Corona "Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19," jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (10/6/2020).

Wakil Direktur Utama Siloam, Caroline Riady menyatakan, kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

"Dampaknya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan," kata dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kapasitas

Direktur RS Siloam Makassar Herry Bertus menambahkan, dalam ikut berpartisipasi mendukung pemerintah menangani Corona, Siloam telah meningkatkan tiga puluh persen dalam kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan Khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Makassar”

“Selain itu Laboratori RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari dengan tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan," tutup dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.