Sukses

Harga Minyak Naik Usai Arab Saudi Putuskan Pemangkasan Produksi

Arab Saudi memutuskan untuk melakukan pemangkasan produksi minyak lagi pada Juni 2020

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak berjangka naik pada hari Selasa, didorong oleh komitmen tak terduga dari Arab Saudi untuk menambah pengurangan produksi pada bulan Juni untuk membantu mengeringkan kelebihan di pasar global.

Dikutip dari laman CNBC, Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik USD 1,64, atau 6,8 persen, menjadi USD 25,78 per barel. Minyak mentah berjangka Brent naik 35 sen, atau 1,18 persen, menjadi USD 29,98 per barel. 

Arab Saudi mengatakan dalam semalam pihaknya akan memangkas produksi hingga 1 juta barel per hari (bph) pada Juni. Dengan demikian ARab Saudi memangkas total produksinya menjadi 7,5 juta bph, turun hampir 40 persen dari April.

"Pengurangan dalam produksi ini memberikan sentimen yang sangat baik mendorong anggota OPEC + lainnya untuk mematuhi dan bahkan menawarkan pemotongan sukarela tambahan, yang akan mempercepat tindakan penyeimbangan kembali pasar minyak global," Stephen Innes, kepala strategi pasar global di AxiCorp, mengatakan dalam sebuah catatan. O

PEC + adalah grup yang terdiri dari anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain termasuk Rusia.

Uni Emirat Arab dan Kuwait berkomitmen untuk memangkas produksi minyak 180.000 barel per hari lainnya secara total.

Namun, langkah-langkah untuk memperdalam pemotongan menimbulkan pertanyaan bagi sebagian orang tentang mengapa pemotongan lebih lanjut diperlukan.

“Itu sangat tiba-tiba dan sangat penting, hanya dilihat sebagai:‘ Apakah ini kebijakan proaktif atau hanya reaksi terhadap permintaan yang lemah?’” Kata Vivek Dhar, ekonom pertambangan dan energi Commonwealth Bank.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelombang Kedua Virus Corona

Pemotongan, dikombinasikan dengan ekonomi di dunia yang melonggarkan pembatasan virus corona dan memicu pemulihan bertahap dalam permintaan bahan bakar, diperkirakan akan mengurangi tekanan pada kapasitas penyimpanan minyak mentah.

Namun, setelah wabah baru virus corona, termasuk di Cina dan Korea Selatan, pasar waspada terhadap gelombang kedua kasus Covid-19 yang memacu lockdown baru.

"Di sisi permintaan mungkin ada pandangan bahwa yang terburuk mungkin ada di belakang kita, dalam hal titik kerusakan puncak. Jika kita melihat gelombang kedua, itu akan mengurangi permintaan dan menurunkan harga,” kata Dhar dari Commonwealth Bank.

Data inventaris minggu ini akan menjadi kunci untuk memperpanjang kenaikan harga minyak baru-baru ini, kata analis.

Dalam jajak pendapat awal, persediaan minyak mentah AS kemungkinan naik sekitar 4,3 juta barel dalam sepekan hingga 8 Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.