Sukses

Kimia Farma Impor 10 Ribu Box Rapid Test dari Belanda

Impor produk asal Belanda ini dikirim melalui jalur special access scheme.

Liputan6.com, Jakarta - Kimia Farma telah mengimpor 10 ribu box rapid test pendeteksi Covid-19. Impor produk asal Belanda ini dikirim melalui jalur special access scheme.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.500 box sudah didistribusikan ke fasilitas layanan kesehatan, laboratorium pemeriksaan Covid-19 dan dinas kesehatan berbagai tingkat.

"Rapid test yang diimpor dari Belanda dengan brand biozek 10 ribu box dan sudah didistribusikan sebanyak 6.500 box," kata Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarma dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR-RI secara virtual, Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Verdi menambahkan rapid test ini tidak dijual melalui ritel maupun perorangan. Termasuk penjualan secara online. Hal ini sesuai dengan regulasi tentang cara distribusi obat yang baik dan benar (CDOB).

"Rapid test ini memang tidak didistribusikan secara perorangan serta online," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laboratorium Kimia Farma

Verdi menginformasikan, Laboratorium Kimia Farma yang berlokasi di Jalan Garuda, Kemayoran Jakarta Pusat sudah bisa melakukan pemeriksaan rapid test dan polymerase chain reaction (PCR).

Tempat ini sudah bekerja sama dengan rumah sakit rujukan Covid-19 dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan layanan pemeriksaan pasien terjangkit virus corona.

Dia menambahkan, Kimia Farma juga melakukan importasi obat avigan tablet. "Kami juga melakukan importasi obat avigan tablet," kata Verdi mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.