Sukses

9 Trik Berhemat Listrik di Rumah demi Kocek Tak Terkuras

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda saat ini mengalami keuangan yang sulit, maka cara untuk terbebas dari hal itu adalah melihat sekeliling dan mencari cara  berhemat. Dimulai dari pemakaian listrik di rumah. Seperti mesin cuci, pemanas air panas, kipas, AC dan lain sebagainya, yang menyebabkan keuangan menjadi sulit.

Tagihan listrik memang tidak bisa dianggap remeh. Jika boros dalam menggunakan listrik, maka secara tidak langsung akan menyedot sebagian pengeluaran.

Sebenarnya sangat sederhana untuk menekan pengeluaran tagihan listrik, Anda hanya perlu lebih peka dan peduli terhadap diri sendiri, seperti dimulai dari mematikan lampu saat meninggalkan ruangan.

Lantas, hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengeluaran yang berlebih akibat aktivitas listrik di rumah, berikut beberapa saran dari ahli melansir laman Usa Today, Kamis (16/4/2020).

1. Beli peralatan yang hemat listrik

Melakukan perbandingan saat berbelanja tak hanya dilakukan saat membeli pakaian dan produk lainnya. Anda juga harus berbelanja penyedia peralatan listrik yang lebih murah.

2. Atur pendingin dan pemanas ruangan 

Menjaga rumah Anda terlalu dingin atau terlalu hangat saat tidak ada orang di rumah hanyalah menciptakan pemborosan.

Untuk mempermudah, Anda mungkin bisa memakai alat yang dapat diprogram. Anda juga dapat memprogramnya sesuai keinginan baik untuk waktu atau temperatur.

3. Dinginkan pemanas air 

Tentu, mandi air panas terasa menyenangkan untuk memulai hari. Tetapi memanaskan tangki mengeluarkan energi yang besar. Pengaturan standar pada pemanas air panas adalah 140 derajat, tapi tidak apa-apa untuk menurunkannya karena Anda masih bisa menikmati mandi air hangat.

4. Pakai peralatan saat larut malam

Hemat uang saat Anda sedang tidur. Hidupkan peralatan seperti mesin pencuci piring dan pengering pakaian di malam hari atau sebelum tidur, ketika energi mulai berkurang.

Sebab, perusahaan listrik akan mengenakan biaya lebih banyak untuk energi yang digunakan selama masa puncak di siang hari. Maka manfaatkan untuk menghidupkan mesin saat biaya yang dikenakan lebih murah.

 

 

2 dari 2 halaman

5. Pakai pencahayaan lebih rendah

Anda tidak harus duduk dalam gelap untuk menghemat tagihan listrik. Beberapa lampu menggunakan energi lebih sedikit daripada yang lain.

Anda juga dapat menghemat dengan menggunakan timer yang mematikan lampu secara otomatis ketika tidak digunakan.

Mengalihkan bola lampu pijar ke LED dapat menghemat uang selama masa pakai bola lampu. Pilihan lain yang baik untuk penghematan biaya adalah menggunakan lampu fluorescent atau CFL. Lampu ini bekerja sangat baik dalam pencahayaan outdoor yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

6. Jangan gunakan AC tapi kipas angin

Jika Anda memiliki kipas angin maka lebih baik memanfaatkan hal itu. Pemakaian AC itu menggunakan sekitar 25 persen energi rumah tangga, atau kira-kira 36 persen per jam, paling banyak dari alat apa pun.

7. Cabut kabel saat tak terpakai

Dengan mencabut semua yang tidak digunakan bisa menghemat konsumsi listrik. Bahkan dalam mode siaga, ada banyak hal di rumah yang menggunakan daya. Komputer, televisi dan lainnya memiliki lebih banyak daya, jadi mencabut peralatan ini bisa menghemat banyak uang. 

8. Cuci pakaian dalam air dingin

Gunakan pengaturan air dingin pada mesin cuci pakaian Anda untuk menggunakan lebih sedikit energi pada air pemanas. Pemanasan air membentuk sekitar 90 persen dari energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin cuci pakaian.

9. Ingat, setiap rupiah dihitung

Langkah-langkah yang Anda sudah terapkan di atas bisa mengingatkan bahwa setiap penggunaan listrik akan selalu di hitung penyedia listrik.

Maka dari itu Anda harus lebih aktif dalam mengembangkan kebiasaan untuk mengurangi konsumsi energi rumah Anda, maka Anda bisa menghemat pengeluaran setiap bulannya