Sukses

4 Fakta Seputar Kartu Prakerja, dari Peserta hingga Nilai Bantuan

Salah satu fakta soal Kartu Prakerja adalah total bantuan yang didapat pemegang Kartu Prakerja mencapai Rp 3.550.000.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan Program Kartu Prakerja bagi para pencari kerja dan pekerja formal atau informal yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi Corona.

Program Kartu Prakerja ini sebagai bagian dari pelaksanaan Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan virus Corona.

Inpres ini memberikan perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah Corona terhadap perekonomian nasional.

Nah, ingin tahu seputar Program Kartu Prakerja? Dikutip dari akun instagram resmi prakerja.go.id, Sabtu (11/4/2020), berikut 4 fakta yang harus kamu ketahui seputar Kartu Prakerja:

1. Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu PRakerja adalah program peningkatan kompentensi kerja yang diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan.

Setiap peserta hanya bisa menerima bantuan ini sekali seumur hidup.

2. Apakah hanya pengangguran yang bisa mendapat Kartu prakerja?

Tidak. Orang yang sudah bekerja dan berwirausaha boleh mendaftar program Kartu Prakerja.

Namun saat ini Kartu Prakerja juga diprioritaskan untuk para pekrja dan pelaku usaha kecil yang terdampak oleh pandemi Corona.

3. Apakah bantuan Kartu prakerja diberikan secara tunai?

Tidak. Bantuan akan diberikan secara non-tunai melalui mitra platform dan mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja.

4. berapa kali bantuan Kartu Prakerja diberikan?

Bantuan akan diberikan 8 kali dalam bentuk:

a. Biaya pelatihan senilai Rp 1 juta ( 1 kali)

b. Insentif pasca pelatihan senilai Rp 600 ribu (4 kali)

c. Insentif surbei kebekerjaan senilai Rp 50 ribu (3 kali)

Sehingga total bantuan yang didapat pemegang Kartu Prakerja adalah Rp 3.550.000‬.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GoPay Resmi Jadi Mitra Pembayaran Kartu Prakerja

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dan PT Dompet Anak Bangsa (GoPay) menandatangani nota kesepahaman mengenai pelaksanaan program Kartu Prakerja. Dengan penandatanganan ini maka GoPay resmi jadi mitra pembayaran Program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menjelaskan, dengan kolaborasi ini, peserta program Kartu Prakerja dapat menggunakan akun GoPay miliknya untuk menerima bantuan insentif non-tunai dari Program Kartu Prakerja.

GoPay menjadi mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja ke-4 setelah BNI, LinkAja, dan OVO.

“Program Kartu Prakerja akan memberikan bantuan insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei kepada setiap peserta Kartu Prakerja," jelas dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/4/2020).

"Kemitraan dengan GoPay adalah bagian dari upaya Manajemen Pelaksana untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi peserta Kartu Prakerja selain meningkatkan inklusi keuangan," tambah dia. 

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah dan mereka yang terkena dampak langsung dari Corona Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini