Sukses

Ingin Getol Menabung, Tetapkan Tujuan Dulu dan Ini Triknya

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan uang adalah sama dengan meningkatkan kehidupan finansial demi membangun kekayaan. Semuanya dimulai ketika Anda menetapkan tujuan dan membuat rencana untuk mencapai tujuan itu.

Jadi, apa tujuan Anda. Menyiapkan dana tunai darurat? Terbebas dari utang? Melakukan pembayaran uang muka pembelian mobil atau rumah?

Menyimpan uang untuk kuliah atau pensiun? Atau Anda masih bingung tujuan Anda menyimpan uang untuk apa?. Berikut tujuan menyimpan uang untuk masa depan. Berikut tips keuangan saat menetapkan tujuan menabung, dilansir dari Americasaves.com, Kamis (9/4/2020).

1. Simpan uang untuk keadaan darurat

Apa itu dana tabungan darurat?. Dana tabungan darurat biasanya disimpan dalam rekening bank yang memang sengaja menyimpan uang dengan cara menabung yang dikhususkan untuk keadaan darurat.

Maka dari itu memiliki rekening tabungan darurat merupakan perbedaan paling penting antara Anda yang berhasil tetap bertahan dan mereka yang tenggelam dalam utang.

Ini juga memberi ketenangan pikiran, mengetahui bahwa Anda mampu membayar pengeluaran yang tidak terduga.

Tidak memiliki tabungan darurat adalah salah satu alasan banyak orang meminjam terlalu banyak uang, menggunakan pinjaman berbiaya tinggi, atau meningkatkan saldo kartu kredit mereka ke tingkat yang tinggi.

Oleh karena itu, agar Anda bisa menyimpan uang untuk dana darurat, cara termudah dan paling efektif untuk menyimpan adalah dengan menabung otomatis di Bank.

2. Simpan uang untuk dana pensiun

Tabungan pensiun adalah prioritas utama bagi banyak penabung. Menabung sekarang untuk pensiun akan memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang, untuk menikmati standar hidup yang nyaman ketika Anda berhenti atau mengurangi jumlah jam kerja.

3. Simpan uang untuk pendidikan

Menabung untuk pendidikan adalah tujuan terpopuler kedua setelah menabung untuk keadaan darurat, yang dipilih penabung.

Ada banyak hal berbeda yang menjadi faktor dalam menabung dan membayar untuk biaya pendidikan untuk anak Anda kelak, atau untuk Anda sekarang, dengan menyimpan uang untuk pendidikan sama dengan investasi untuk masa depan.

 

2 dari 2 halaman

4. Simpan uang untuk membeli rumah

Semakin besar uang muka yang Anda miliki, maka semakin rendah pembayaran pinjaman rumah Anda. Maka dari itu Anda memerlukan strategi untuk membangun rumah yang Anda inginkan, pertimbangkan segala hal, apakah Anda akan langsung membeli rumah yang siap huni, atau akan membangun dari awal lagi, maka perlu mempertimbangkan waktu membangun, belanja bahan bangunan dan lainnya.

5. Tabungan Investasi

Melakukan investasi dapat membangun kekayaan dari waktu ke waktu lebih cepat, daripada menggunakan rekening tabungan, tetapi juga melibatkan risiko. Jadi, penting untuk mendidik diri sendiri.

Maka dari itu, sebelum Anda mulai membandingkan opsi investasi, Anda perlu mempelajari beberapa dasar-dasar seperti alokasi aset, diversifikasi, dan toleransi risiko akan membantu Anda memutuskan mana yang akan dipilih.

Opsi investasi, seperti saham, obligasi, dan reksadana adalah jenis investasi yang paling umum. Pilihan lain termasuk anuitas, dana yang diperdagangkan di bursa, dana pasar uang.

6. Simpan uang membeli kendaraan

Dengan memiliki kendaraan seperti mobil, mampu bepergian membantu menghasilkan lebih banyak dan menghabiskan lebih sedikit ongkos harian jika bekerja.

Meskipun harga mobil memang mahal mungkin Anda bisa memulai dengan kredit jika Anda mampu dan menginginkan mobil atau kendaraan lainnya.