Sukses

7 Kegiatan Asyik Pengusir Stres Usai Pulang Kerja

Liputan6.com, Jakarta Penat dan lelah setelah seharian bekerja?. Hal lazim yang dialami setiap orang, termasuk kamu yang berstatus karyawan. Pergi pagi, pulang malam. Begitu terus rutinitasnya, sehingga tak jarang diliputi rasa bosan.

Saat jam pulang kerja mungkin jadi hal yang paling dinantikan. Semua pasti sudah punya bayangan ingin melakukan kegiatan menyenangkan selepas pulang kerja, selain beristirahat. Setidaknya bisa menghilangkan rasa letih, mengurangi beban pikiran, atau stres akibat pekerjaan.

Ada banyak hal yang dapat membantumu bahagia setelah pulang kerja. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Makan malam dengan keluarga atau teman

Biasanya pergi ke luar bersama keluarga atau teman menjadi agenda paling sering dilakukan seseorang setelah pulang kerja.

Umumnya makan malam di kafe, restoran, atau bahkan hanya sekadar dinner hemat di warung angkringan. Yang penting adalah kebersamaan toh?

Berkumpul dengan keluarga atau teman dan sahabat akan terasa sangat menyenangkan. Seru, membuat bahagia karena bisa tertawa bersama. Melupakan sejenak deadline pekerjaan yang menumpuk.

Tapi ingat ya, lebih baik dibatasi waktunya. Jangan sampai terlalu malam, karena harus kembali lagi bekerja keesokan harinya. Jika pulang kerja jam 5 sore, usahakan pukul 9 malam sudah sampai rumah, sehingga bisa istirahat lebih panjang dan bangun tidak kesiangan.

2. Baca buku favorit

Membaca buku kesukaan juga dapat menghilangkan stres loh. Apalagi buku-buku kesukaan, bisa sampai lupa waktu. Lakukan aktivitas tersebut menjelang tidur. Minimal 30 menit sampai 1 jam.

Semua dapat berimajinasi menjadi tokoh utama dalam buku, sehingga tidak memikirkan lagi pekerjaan di kantor. Jadi lebih rileks. Membaca buku pun merupakan salah satu cara agar lebih cepat tidur.

Daripada main ponsel, buka media sosial, malah bisa membuatmu terjaga semalaman suntuk dan mengganggu waktu tidurmu. Bahagia tidak harus mahal kan?

3. Pergi ke salon atau merawat diri di rumah

Rambut sudah lepek, kulit mulai kusam? Waktunya pergi ke salon. Kegiatan ini bisa kamu lakukan selepas pulang kerja. Manjakan diri dengan perawatan tubuh, seperti creambath, massage atau pijat, manicure dan pedicure, atau sekadar memangkas rambut yang sudah panjang.

Namun perawatan diri tidak melulu harus pergi ke salon. Kamu dapat melakukannya di rumah, seperti menggunakan masker wajah, luluran, atau berendam di bak kamar mandi dengan air hangat dan wewangian aromaterapi.

Lakukan aktivitas perawatan diri di rumah dua kali dalam seminggu. Kulit bersih dan halus, ditambah bisa membuat pikiran jadi lebih tenang, rileks, dan bahagia.

 

 

 

2 dari 3 halaman

4. Memasak

Ini bagi yang hobi masak. Menyalurkan bakat terpendam menjadi seorang chef. Selepas pulang kantor, memasak bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Masak menu favorit atau mencoba resep lain.

Bisa bereksperimen sendiri dengan bahan-bahan makanan yang ada di kulkas. Buat itu menjadi makanan yang lezat. Contohnya buat hidangan manis dan bisa kamu bawa ke kantor esok hari untuk dicicipi rekan kerjamu.

Siapa tahu cocok di lidah mereka, dan menjadi peluang usaha yang dapat kamu tekuni untuk memperoleh penghasilan tambahan.

5. Menulis

Suka menulis dan punya ide yang bisa ditulis? Tuangkan dalam sebuah karya menarik. Menulis bisa di mana saja, baik itu di diary, aplikasi komputer seperti Ms. Word atau notepad, ataupun lewat blog atau website.

Anda bisa dapat menceritakan apapun. Entah itu mengenai pekerjaan hari ini, prestasi di kantor, kisah asmara, maupun pengalaman mengunjungi tempat-tempat baru.

Kamu bebas berkreasi, sehingga membuatmu lebih bahagia setelah menceritakannya. Termasuk mengeluarkan unek-unek apapun. Pikiran jadi enteng, lebih plong meski hanya curhat melalui tulisan.

 

3 dari 3 halaman

6. Olahraga

Sebagian orang, mungkin termasuk kamu senang berolahraga. Sepulang kerja, manfaatkan waktumu untuk olahraga yang disukai. Contohnya nge-gym di pusat kebugaran, jogging di taman, badminton, futsal, bersepeda, atau olahraga lainnya. Kamu bisa mengajak temanmu untuk melakukan aktivitas tersebut bersama.

Selain bahagia dan membebaskan diri dari stres, olahraga juga membantumu tetap sehat. Setelah berolahraga, biasanya tidur akan lebih berkualitas dan nyenyak.

7.    Tidur lebih awal

Setelah seharian bekerja, tubuh terasa lelah dan malas untuk melakukan aktivitas apapun. Tak masalah, kamu bisa beristirahat saja di rumah. Tidur lebih awal agar esok hari bangun lebih semangat dan siap memulai kegiatan.

Mandi dengan air hangat, menyetel musik klasik, menggunakan aromaterapi, membaca buku akan membantumu tidur lebih cepat. Asalkan jangan malah asyik bermain gadget, sehingga merusak rencanamu untuk tidur lebih awal.

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Waktu pulang kerja sebaiknya digunakan untuk kegiatan positif yang dapat membantumu bahagia. Membebaskan diri dari stres karena pekerjaan, dan memberi energi atau semangat baru untuk memulai aktivitas keesokan harinya. Jangan malah disia-siakan untuk hal-hal tidak berguna yang justru menambah beban pikiranmu. Selamat mencoba.