Sukses

Pembatalan Penerbangan Internasional di Bandara Soetta Capai 1.835‬ Pesawat

Pantauan Liputan6.com di Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soetta, sangat sepi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (APII), Muhammad Awaluddin, mengakui bila penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terdampak dan mengalami penurunan lantaran penyebaran virus Corona.

"Kalau dikatakan turun memang iya turun," ujar Awaluddin, saat ditemui di ruangannya, Gedung 600 Perkantoran Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (11/3/2020).

Untuk Februari saja, pembatalan pesawat tujuan internasional sebanyak 735 pesawat. Sementara di Maret mencapai 1.100 pesawat. Artinya, dalam 2 bulan terdapat 1.835‬ penerbangan yang dibatalkan.

Namun, lanjutnya, angka pengurangan tersebut ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soetta. Sebab, penerbangan tujuan internasional masih diangka 25 persen, sementara domestik masih mendominasi diangka 75 persen.

"Bandara yang Angkasa Pura II kelola itu, penerbangan domestiknya masih mendominasi. Untuk Bandara Soekarno Hatta itu masih 75 persen didominasi ke domestik, Kualanamu Medan juga 89 persen, selebihnya 17 bandara lain memang domestik," tutur Awaluddin.

Sebagai contoh, untuk di Bandara Soetta sendiri per hari ada 1.200 pergerakan pesawat atau jumlah take off dan landing per harinya. Kemudian dikalikan rata-rata perbulan itu ada 30 hari, menjadi sekitar 36 ribuan pergerakan pesawat.

"Kalau kita bagi 75 persennya adalah domestik berarti sekitar 27 ribuan pergerakan, lalu sisanya sekitar 9 ribu untuk penerbangan internasional," kata Awaluddin.

Jadi, bila bulan Februari terdapat 735 pembatalan dan Maret 1.100 pembatalan, angka tersebut hanya berpengaruh pada angka pergerakan internasional. Sementara angka domestik, Awaluddin mengklaim, tidak terlalu bahkan tak berpengaruh pada pengurangan pergerakan pesawat ini.

Namun memang, terlihat di bulan Maret ini ada kecenderungan penurunan jumlah penumpang, lantaran mereka menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan. Kebijakan potongan harga 50 persen tiket pesawat, dinilai AP II menjadi angin segar lagi untuk menumbuhkan jumlah penumpang domestik di Bandara Soekarno Hatta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terminal 3 Terlihat Sunyi

Sementara, Pantauan Liputan6.com di Terminal 3 Keberangkatan Internasional, sangat sepi. Barisan tempat duduk, kafetaria atau restoran, yang biasanya dipenuhi para pengantar dan calon penumpang, terlihat lengang.

Begitu juga pintu yang biasa diramaikan oleh para jamaah umroh, terlihat sangat lengang.

Namun, pemandangan yang berbeda terlihat di gate keberangkatan domestik di Terminal 3, yang masih dipenuhi calon penumpang dan para pengantarnya. Menurut Awaluddin, Terminal 1 dan 2 domestik pun, masih ramai dipenuhi penumpang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.