Sukses

Indonesia Jajaki Impor Bawang Putih dari Mesir

Importir saat ini sedang membuka kemungkinan untuk mengimpor bawang putih dari Mesir.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua II Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo) Valentino menyatakan importir saat ini sedang membuka kemungkinan untuk mengimpor bawang putih dari Mesir.

Valentino mengaku pihaknya ditawari oleh Atase Perdagangan Mesir dalam hal ini.

"Mesir hubungin dan nawarin kami duluan, Atase Perdagangannya. Masih di tahap administrasi," ujar Valentino saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (05/03/2020).

Valentino melanjutkan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan Commersial Counselor dari Mesir dan diskusi soal impor ini, meskipun masih berada di tahap awal.

Pun mengenai harga. Belum ada estimasi yang dapat disampaikan dari Mesir. Yang jelas, Valentino berharap jika kesepakatan ini terjadi, Indonesia punya alternatif impor bawang putih dari negara lain.

"Kami harap bisa, karena selama ini kan China menjadi penyuplai bawang putih terbesar di dunia, sebesar 70 persen," katanya.

Adapun, impor bawang putih dikatakan sempat terhambat imbas mewabahnya virus corona. Para pekerja di sana diperintahkan untuk berdiam diri di rumah untuk mencegah penularan virus, sehingga proses pengemasan hingga pengiriman barang terganggu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Kekurangan Pasokan 100 Ribu Ton Bawang Putih hingga Lebaran

Ketua II Perkumpulan Pelaku Usaha Barang dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo) Valentino menyatakan, Indonesia masih kekurangan pasokan bawang putih sebesar 100 ribu ton hingga Lebaran 2020.

Rinciannya, stok bawang putih di awal Maret, berdasarkan pantauan di lapangan, ialah sekitar 30 ribu hingga 35 ribu ton.

"Kemudian SPI (Surat Persetujuan Impor) yang sudah terbit 26 Februari kemarin hanya 25.800," ujar Valentino dalam sebuah diskusi di kawasan Kebayoran Lama, Kamis (05/03/2020).

 

Valentino melanjutkan, prediksi kebutuhan bawang putih berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun lalu, biasanya bulan Maret kebutuhan nasional sekitar 40 ribu hingga 45 ribu ton.

Kemudian bulan April menjelang puasa ada kenaikan 20 persen menjadi 50 ribu ton.

"Mei saat sudah puasa dan menjelang lebaran meningkat hingga 40 persen menjadi 60 ribu ton," kata Valentino.

Jadi, total kebutuhan bawang putih hingga Mei ialah sekitar 160 ribu ton. Sedangkan dari stok yang tersebar di lapangan ditambah volume bawang putih dari SPI yang sudah terbit, total yang tersedia kira-kira 55 ribu hingga 60 ribu ton.

"Jadi, kurang lebih masih ada kekurangan 100 ribu ton," jelas Valentino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.