Sukses

Produsen Pipa Jepang Siap Bantu Indonesia Dapatkan Akses Air Bersih

Indonesia menghadapi berbagai masalah salah satunya masalah lingkungan, khususnya terkait akses mendapatkan air bersih.

Liputan6.com, Jakarta - President Director Maezawa Kasei Industries (Maezawa) Masahiro Kubota, mengatakan Indonesia menghadapi berbagai masalah salah satunya masalah lingkungan, khususnya terkait akses mendapatkan air bersih, maka dari itu dirinya selaku perusahaan perpipaan ternama di Jepang yang berkolaborasi dengan PT Wahana Duta Jaya Rucika (Rucika), untuk membantu Indonesia mendapatkan akses air bersih.

"Puluhan juta masyarakat Indonesia belum mendapatkan akses air bersih, dan belum sadar tentang pentingnya pengelolaan air buangan atau limbah yang baik dan benar, mendapatkan air bersih yang berkualitas dan mengelola air limbah yang baik dan benar, adalah masalah penting yang harus diatasi bersama-sama oleh kita dan Pemerintah," kata Masahiro, dalam acara peresmian kolaborasi PT. Wahana Duta Jaya Rucika dengan Maezawa Kasei Industries, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Ia pun menceritakan di Jepang sendiri meskipun sekarang dikenal sebagai negara maju di Asia, Jepang juga pernah mengalami krisis air bersih karena pencemaran air laut, sungai, dan kolam. Namun dengan komitmen dan kesadaran bersama untuk menciptakan kualitas air yang baik, Jepang dapat mengatasi krisis sanitasi dengan berbagai cara.

Oleh karena itu, ia percaya Indonesia juga bisa seperti negaranya, maka dari itu bersama Rucika dan Maezawa meluncurkan produk-produk inovatif, yakni Rucika Hygenic System dan Rucika Rainwater System, untuk menciptakan lingkungan air yang lebih baik di Indonesia.

Dengan menyiapkan fasilitas air buangan di dalam kawasan perumahan, kualitas air di kawasan tersebut akan membaik, sehingga kualitas hidup masyarakat Indonesia bisa meningkat.

"Kami percaya bahwa solusi inovatif ini akan mengatasi masalah kualitas air di Indonesia," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Teknologi

Maezawa sendiri merupakan pelopor sistem perpipaan untuk air bersih dan air buangan. Untuk ke depannya ia mengatakan Maezawa akan melakukan inovasi di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi yang telah diciptakan di Jepang. Dengan mengusulkan sistem perpipaan berkualitas tinggi ala Jepang.

"Kami ingin mengembangkan sistem perpipaan khas Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan di berbagai bidang fasilitas perumahan dan gedung," ujarnya.

Masahiro menyebut hal itu sesuai dengan visi dan misi perusahaannya, yakni untuk menyediakan sistem perpipaan yang paling sesuai untuk berbagai kebutuhan.

"Kami yakin bahwa kemitraan ini akan semakin berkembang dan menguat di masa mendatang, melalui penyebaran produk-produk ini kita semua akan menghasilkan dampak bisnis, sekaligus sosial dengan memperbaiki kondisi air supaya menjadi bersih laut dan sungai di Indonesia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.