Sukses

Menteri Teten Ungkap Alasan Gandeng Raffi Ahmad untuk Promosikan UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, bersama Raffi Ahmad meresmikan acara "Rans Carnival" atau karnaval taman hiburan pada Rabu ini. Gelaran ini akan memajang produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Teten menjelaskan, alasan Kementerian Koperasi dan UMK menggandeng artis Raffi Ahmad karena  Raffi merupakan artis terkenal sekaligus influencer yang memberikan pengaruh besar untuk mempromosikan produk UMKM.

Teten pun pengungkapkan bahwa sebenarnya dirinya sudah lama menaksir Raffi Ahmad untuk membantunya mempromosikan produk UMKM supaya bisa dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia.

"Di era ekonomi digital, UMKM rata-rata tidak punya brand yang kuat. Kita perlu influencer yang besar, Raffi ngetop lah yang punya follower begitu banyak di media sosial dan kebetulan beliau telepon," kata Teten dalam acara peresmian "Rans Carnival" di SMESCO, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Maka dari itu, dirinya senang ketika Raffi mengontak dan meminta untuk berkolaborasi dengan kemenkop dan UKM. "Jadi saya senang sekali bisa berkolaborasi, apalagi nanti keliling ke tiap daerah. Inikan bisa mempromokan produk-produk UMKM sehingga terus bergairah, karena produk UMKM itu terus bergerak maju," ujarnya.

Menurut Teten, ekonomi nasional akan bagus jika UMKM nya semakin bertumbuh. "Sebanyak 60 persen share ke PDB (Produk Domestik Bruto) itu dari produk UMKM kita. Jadi sekali lagi kita terima kasih banyak, saya berharap ada ide-ide lain untuk mendorong UMKM terus berkembang," ujarnya.

Selain menampilkan produk UMKM, Rans Carnival yang digagas Raffi Ahmad ini juga akan ada ruang konsultasi bagi pelaku UMKM. Konsultasi ini untuk menjelaskan bagaimana cara mengembangkan usaha, mencari pembiayaan, cara pemasaran atau penjualan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bisnis digital.

 

2 dari 3 halaman

Bantu UMKM Masuk Industri Digital

Dalam kesempatan yang sama, Raffi Ahmad juga mengatakan dirinya ingin membantu Kementerian koperasi dan UKM untuk mempromosikan produk UMKM, dan membantu pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital dalam berbisnis.

"Saya ingin banget support UMKM. Bahwa sekarang dunia ini sudah masuk dunia digital, kita akan kasih tahu caranya bersosial media. Insya Allah mereka bisa memasarkan produk-produk UMKM sesuai dengan market," kata Raffi.

Istri Raffi Ahmad yakni Nagita Slavina menambahkan bahwa ia berharap acara Rans Carnival ini bukan sekedar untuk hiburan saja, melainkan juga menampilkan sisi produk UMKM dalam bidang makanan, minuman, dan fesyen.

"Sebenernya kita ingin semua keluarga bisa datang. Bukan sekedar hiburan aja, tapi ada kuliner, dan produk UMKM juga, sehingga bisa ibu-ibunya bisa shopping, dan yang ingin makan bisa kulineran, dan banyak permainan-permainan. Ini untuk menceriakan rakyat membuat memori dengan keluarganya," pungkas Nagita.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading