Sukses

Perhatikan, 6 hal yang bikin Pegawai Betah di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Ken Blanchard dan Norman Peale, keduanya merupakan penulis buku bersama berjudul The Fortunate 500. Mereka menemukan perusahaan-perusahaan yang secara konsisten mencapai tingkat profitabilitas yang lebih tinggi.

Ternyata, perusahaan tersebut dikenal karena memiliki lingkungan kerja yang positif dengan etika bisnis yang kuat, dan mendapat peringkat di tempat terbaik untuk bekerja.

Perusahaan memiliki nilai-nilai tertulis yang dirumuskan dengan jelas, dan yang diketahui serta dijalani setiap orang di perusahaan secara konsisten.

Sedangkan perusahaan-perusahaan lainnya mungkin memiliki etika dan nilai-nilai bisnis, tetapi hanya sedikit karyawan yang paham hal itu. Serta sedikit yang bisa mengartikulasikan cara hidup atau bekerja dengan nilai-nilai itu dalam kegiatan sehari-hari bisnis.

Ternyata, berikut enam hal yang dicari oleh pekerja di tempat kerja, berdasarkan hasil survei terhadap ribuan karyawan selama bertahun-tahun.

Survei ini menemukan apa yang pekerja anggap paling penting dan menyenangkan tentang lingkungan kerjanya. Serta apa yang menjadikan perusahaan salah satu tempat terbaik untuk bekerja, dilansir dari laman Briantracy.com, Senin (24/2/2020):

1. Tantangan

Semakin banyak tantangan yang dialami orang di lingkungan kerja, semakin terlibat  dan semakin positif mereka merasa tentang diri sendiri.

Ketika pekerjaan itu menantang, orang-orang sibuk dan aktif sepanjang hari, bekerja lebih keras dan lebih menikmatinya.

2. Kebebasan

Semakin banyak kebebasan yang dirasakan orang di lingkungan kerja, mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal dan dengan cara sendiri maka semakin baik perasaan tentang diri sendiri dan pekerjaan.

3. Kontrol

Faktor ini ditandai dengan tetap tertarik dan terlibat dalam pekerjaan bawahan. Anda secara konsisten memeriksa untuk melihat bagaimana semuanya berjalan.

Anda menetapkan waktu reguler untuk ulasan dan umpan balik. Umpan balik yang lebih tulus diterima orang pada pekerjaan, semakin mereka merasa Anda peduli tentang mereka dan apa yang mereka lakukan.

 

2 dari 2 halaman

4. Hormat

Semakin Anda menghormati karyawan, dengan mengajukan pertanyaan, mendengarkan, dan mengambil tindakan atas gagasannya, semakin dihargai dan penting perasaan karyawan tersebut.

5. Pengalaman Sukses

Memberi orang pekerjaan yang dapat mereka lakukan untu bisa mencapai sukses melalui pengalaman dan keterampilan.

Semakin banyak peluang yang dimiliki di lingkungan kerja, membuat pekerja merasa seperti pemenang dan semakin tinggi akan harga diri dan kepercayaan dirinya.

6. Harapan Positif

Tidak ada yang meningkatkan harga diri dan kinerja ketika pekerja merasa bahwa bos percaya mereka memiliki kapasitas untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Ketika seseorang bergabung dengan perusahaan yang dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja, ia dikenal karena nilai-nilai, etika bisnis, lingkungan kerja yang positif dan komitmennya terhadap kualitas.

Karyawan baru sering mulai mengambil pikiran, perasaan, dan sikap organisasi baru dan sebagai hasilnya menjadi orang yang berkinerja lebih tinggi.

Oleh karena itu, kunci penting untuk menjadi salah satu tempat terbaik untuk bekerja dan memotivasi staf adalah menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dan memikirkan masa depan mereka.